Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu WNI Relawan MER-C Dievakuasi dari Palestina, Lainnya Pilih Menetap

Satu warga negara Indonesia (WNI) relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) berhasil dievakuasi dari Gaza, Palestina.
Satu WNI relawan MER-C Farid Zanzabil Al Ayubi berhasil dievakuasi keluar dari Gaza, dengan tim evakuasi dari KBRI Kairo, di perbatasan Rafah, Sabtu (9/12/2023)./Dok.Kemlu RI.
Satu WNI relawan MER-C Farid Zanzabil Al Ayubi berhasil dievakuasi keluar dari Gaza, dengan tim evakuasi dari KBRI Kairo, di perbatasan Rafah, Sabtu (9/12/2023)./Dok.Kemlu RI.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan bahwa satu warga negara Indonesia (WNI) relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) berhasil dievakuasi dari Gaza, Palestina. 

Satu WNI tersebut atas nama Farid Zanzabil Al Ayubi, relawan MER-C yang sebelumnya menjalankan tugas kemanusiaan di Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza Utara.

"Alhamdulillah, pada hari ini, Sabtu 9 Desember 2023 sekitar pukul 19.00 waktu Indonesia bagian Barat, kita kembali berhasil mengevakuasi satu WNI atas nama Farid Zanzabil Al Ayubi keluar dari Gaza," katanya, dalam press briefing, Sabtu (9/12/2023) malam. 

Adapun sejak Rumah Sakit Indonesia (RSI) tidak beroperasi, Farid beserta relawan MER-C lainnya berada di Gaza Selatan.

Gaza Selatan merupakan daerah yang relatif aman dibanding Gaza Utara. Farid adalah satu dari 3 WNI relawan MER-C yang sejak awal memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. 

Namun dalam perkembangannya, kemudian Farid memutuskan untuk pulang ke Indonesia, dan meminta bantuan untuk dievakuasi.

"Saat ini Mas Farid telah berada dengan selamat di perbatasan Rafah wilayah Mesir bersama tim evakuasi KBRI Kairo," ujarnya. 

Retno menekankan bahwa proses mengevakuasi Farid memerlukan waktu yang panjang dan proses yang sangat kompleks, terutama upaya untuk memasukkan namanya ke dalam daftar yang diperkenankan untuk melintas.

"Proses memasukkan ke daftar sekali lagi merupakan proses yang sangat tidak mudah. Sebagaimana diketahui, selama berlangsungnya jeda kemanusiaan, perbatasan Rafah juga tidak selalu terbuka untuk arus keluar karena prioritas diberikan bagi arus masuk bantuan kemanusiaan," tambahnya. 

Selanjutnya, tim evakuasi KBRI Kairo akan membawa Farid ke Kairo dan akan memfasilitasi repatriasi segera ke Indonesia.

Lebih lanjut, dengan berhasil dievakuasinya Farid, maka masih terdapat 2 WNI relawan MER-C yang dengan kemauannya sendiri tetap memilih untuk tinggal di Gaza.

"Saat ini mereka dalam keadaan sehat, selamat, berada di Gaza Selatan di sebuah sekolah dekat Rumah Sakit Eropa. Kami akan terus menjalin komunikasi dan memantau keadaan mereka," ucapnya.

Adapun Menlu RI juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu evakuasi WNI yang sejauh ini sudah berlangsung dalam tiga tahap tersebut.

Seperti diketahui, 3 WNI relawan MER-C antara lain Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi selama ini berada di Gaza, Palestina. 

Adapun 3 WNI relawan MER-C tersebut sebelumnya berada di RSI, enggan untuk dievakuasi dari Gaza, dan memilih menetap untuk menjadi relawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper