Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Sebelum Ujian dan Kumpulan Doa Menuntut Ilmu

Berikut ini adalah doa sebelum ujian beserta kumpulan doa setelah belajar, doa sebelum belajar dan doa menghafal.
Doa sebelum ujian./Freepik
Doa sebelum ujian./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum melakukan ujian baik ujian tulis maupun lisan, umat muslim diharuskan untuk membaca doa agar diberikan kelancaran. Berikut ini doa sebelum ujian, dan doa menuntut ilmu.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi umat Islam baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Hadist Menuntut Ilmu

Kewajiban menuntut ilmu ini seperti tertuang dalam hadist Rasulullah Saw yang menyatakan bahwa menuntut ilmu hukumnya wajib.

طلب العلم فريضةعلى كل مسلم ومسلمة

"Thalabul ilmi faridhatun ‘ala kulli muslimin wa muslimatin"

Artinya:

Menuntut ilmu itu hukumnya wajib, baik bagi laki-laki maupun perempuan.”

Namun, proses menuntut ilmu bukanlah perjalanan yang mudah. Menuntut ilmu memerlukan ketekunan, semangat yang membara, dan kegigihan yang luar biasa.

Dalam upaya ini, setiap muslim diharuskan untuk memulai setiap langkah dengan doa kepada Allah SWT. Doa menjadi kekuatan spiritual yang memberikan kemudahan dan kelancaran dalam setiap langkah menuntut ilmu.

Tujuan doa bukan hanya untuk meminta kemudahan, tetapi juga agar ilmu yang kita peroleh menjadi ladang amal yang bermanfaat di dunia dan di akhirat.

Doa Sebelum Ujian

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

"Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir"

Artinya, “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Kumpulan Doa untuk Menuntut Ilmu

    1. Doa Agar Tidak Gampang Lupa Setelah Belajar

    اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ

    "Allâhumma ij’al nafsî muthmainnatan, tu’minu bi liqâika wa tardlâ bi qadlâika"

    Artinya, “Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.”

    2. Doa agar dimudahkan dalam menghafal dan paham pelajaran

    فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

    Artinya, “Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih,” (Lihat Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], halaman 99).

    3. Doa sebelum belajar

    اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ اْلمَرْسَلِيْنَ وَإِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

    "Allâhummarzuqnâ fahman nabiyyîna wa hifdhal mursalîna wa ilhâmal malâikatil muqarrabîn birahmatika yâ arhamar râhimîna"

    Artinya: “Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.”

    4. Doa sesudah belajar

    اَللّٰهُمَّ اِنِّى قَدِاسْتَوْدَعْتُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ إلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

    Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

    Itulah bacaan doa sebelum ujian yang bisa kamu amalkan serta beberapa doa untuk menyertai proses belajar kamu.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


    Penulis : Rendi Mahendra
    Editor : Rendi Mahendra
    Konten Premium

    Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terbaru

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    # Hot Topic

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Rekomendasi Kami

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Foto

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper