Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasto PDIP: 'Pak Lurah' Minta Perpanjangan Jabatan Presiden 3 Periode

Hasto Kristiyanto mengaku menerima informasi bahwa Pak Lurah sosok yang meminta perpanjangan jabatan presiden menjadi tiga periode.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam diskusi Election Corner yang diselenggarakan Fisipol UGM, di Yogyakarta, Senin (10/10/2022)./Istimewa
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam diskusi Election Corner yang diselenggarakan Fisipol UGM, di Yogyakarta, Senin (10/10/2022)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku menerima informasi bahwa 'Pak Lurah' merupakan sosok yang meminta perpanjangan jabatan presiden menjadi tiga periode.

Hasto menjelaskan, dia mendengar kabar tersebut langsung dari menteri yang memang mendorong jabatan tiga periode Presiden Jokowi. 'Pak Lurah' sendiri merupakan panggilan yang kerap disematkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya bertemu menteri tersebut, dan dikonfirmasi bahwa sikap-sikap ketua umum partai, beberapa partai, yang menyuarakan itu [perpanjangan jabatan presiden 3 periode], saat itu dikatakan ya sebagai permintaan Pak Lurah. Kami mendengar itu," ujar Hasto di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Dia menyatakan berani mempertanggungjawabkan pernyataannya itu. Hasto mengaku mendapatkan informasi dari pihak yang bisa dipercaya, bahwa Pak Lurah merupakan orang yang memang ingin memperpanjang masa jabatan menjadi tiga periode.

"Ini bisa di-cross check, saya pertanggungjawabkan secara politik hukum, dan juga di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, di hadapan rakyat Indonesia, bahwa itu ada. Ya melalui pihak-pihak lain yang kemudian disuarakan ke PDI Perjuangan," jelasnya.

Hasto mengaku, PDIP langsung menolak gagasan perpanjangan jabatan itu. PDIP, menurutnya, tidak ingin mengkhianati konstitusi yang sudah mengatur jabatan presiden maksimal 2 periode.

"Sikap kami adalah konsisten di dalam menempatkan konstitusi sebagai rule of the game [aturan main] yang sangat fundamental, yang harus kita ikuti," katanya.

Sebelumnya, isu Jokowi meminta permintaan perpanjangan jabatan tiga periode disuarakan oleh politisi PDIP Adian Napitupulu. Menurutnya, Jokowi dan keluarganya mau khianati PDIP karena mereka menolak ide perpanjangan jantan presiden itu.

“Nah ketika kemudian ada permintaan tiga periode, kita tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (25/10/2023).

Meski demikian, Ketua PDIP Puan Maharani sempat membantah Jokowi pernah menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk meminta dukungan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

"Enggak, enggak pernah setahu saya. Enggak pernah beliau [Jokowi] meminta untuk perpanjangan 3 periode," ujar Puan di Gedung HighEnd, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Meski demikian, kini kolega Puan, Hasto kembali seakan membenarkan isu Jokowi meminta dukungan perpanjangan jabatan presiden menjadi 3 periode kepada PDIP.

Sementara itu, dalam pidato kenegaraannya, Jokowi sempat menyinggung persoalan dirinya yang kerap dipanggil Pak Lurah. Dia menyatakan politisi dan partai yang masih belum mengumumkan capres dan cawapres lantaran belum mendapatkan arahan dari ‘Pak Lurah’.

“Saya sempat mikir. Siapa ‘Pak Lurah’ ini. Sedikit-sedikit kok Pak Lurah. Belakangan saya tahu yang dimaksud pak Lurah itu ternyata Saya. Ya, saya jawab saja, saya bukan lurah. Saya Presiden Republik Indonesia,” ujarnya dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD 2023, Rabu (16/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper