Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Dukung Pengembangan Pariwisata Sulteng: Negeri Seribu Megalit

Wapres Ma'ruf mengungkapkan beberapa langkah konkret untuk mengembangkan pariwisata dengan kearifan lokal, salah satunya arca megalit di Sulteng
Wapres Ma'ruf Dukung Pengembangan Pariwisata Sulteng: Negeri Seribu Megalit / BPMI Setwapres
Wapres Ma'ruf Dukung Pengembangan Pariwisata Sulteng: Negeri Seribu Megalit / BPMI Setwapres

Bisnis.com, PALU – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan langkah-langkah untuk mengembangkan pariwisata dengan kearifan lokal, salah satunya pariwisata budaya Megalit yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurutnya, pariwisata megalit merupakan sebuah refleksi peradaban masa lalu yang sarat dengan nilai-nilai budaya, agama, hingga kemanusiaan.
 
Oleh karena itu, untuk semakin meningkatkan pariwisata berkearifan lokal, baik yang berbasis sejarah maupun pariwisata lain di berbagai daerah, diperlukan tiga langkah strategis untuk mewujudkannya.
 
“Pertama, akselerasi pengembangan destinasi wisata ramah muslim lewat ekosistem terpadu, dan didukung penyiapan sumber daya manusia pariwisata yang tanggap, adaptif, dan mumpuni,” papar Wapres pada acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Afirmasi Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) dan Soft Launching Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit, Palu, Selasa (3/10/2023).
 
Lebih lanjut, Wapres juga menggarisbawahi pentingnya promosi dalam mengenalkan pariwisata berbasis kearifan lokal. Maruf mengimbau agar para pihak terkait dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi yang efektif.
 
“Kedua, manfaatkan media sosial sebagai alat promosi yang efektif, serta didukung dengan narasi kuat yang mengedepankan wisata budaya sejarah Megalit sebagai peradaban dunia,” imbuh Wapres.
 
Ketiga, ujar Wapres, seluruh upaya pengembangan pariwisata tidak boleh melupakan masyarakat sekitar yang berada di wilayah tersebut. Sehingga nantinya, perekonomian warga akan turut berkembang seiring kemajuan di sektor pariwisata sebuah wilayah.
 
“Ketiga, gandeng semua pemangku kepentingan untuk menyiapkan Negeri Seribu Megalit sebagai destinasi wisata unggulan Sulawesi Tengah, sehingga dapat berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi daerah,” imbau Wapres.
 
Menutup sambutannya, Wapres pun berharap agar Pencanangan Negeri Seribu Megalit di Provinsi Sulawesi Tengah ini mendapat ridho dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat membawa kebaikan tidak hanya bagi masyarakat setempat, tapi juga bagi bangsa Indonesia.
 
“Akhirnya, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, Pembukaan Rakornas Afirmasi Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Tahun 2023, sekaligus Pencanangan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit, saya nyatakan diresmikan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridhai setiap ikhtiar yang kita lakukan,” pungkas Wapres.
 
Sebelumnya Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, memaparkan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah memiliki julukan sebagai Negeri Seribu Megalit.

Julukan ini diberikan dalam rangka mempromosikan kemegahan kawasan cagar budaya Megalitikum yang tersebar di tiga kabupaten, yakni di Lembah Napu, Lembah Behoa, dan Lembag Bada, yang ketiganya terletak di Kabupaten Poso dan Lembag Lindu di Kabupaten Sigi. Dia berharap, semoga pencanangan pada hari ini dapat semakin membawa kesejahteraan bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

"Harapan kami semoga pencanangan ini dapat mempercepat penetapan Kawasan Arkeologi Zaman Prasejarah Megalitikum sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Sekaligus, memberi manfaat kemajuan bagi dunia pariwisata dan investasi Sulawesi Tengah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah sebagai upaya untuk mewujudkan visi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Maju," papar Rusdy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper