Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Urutan Tingkatan Sabuk Karate

Berikut ini merupakan tingkatan sabuk karate mulai dari sabuk putih hingga hitam.
Ilustrasi karate/Reuters-Kiyoshi Ota
Ilustrasi karate/Reuters-Kiyoshi Ota

Bisnis.com, JAKARTA - Karate merupakan olahraga bela diri yang berasal dari Jepang, tidak hanya merupakan seni pertahanan diri, tetapi juga merupakan perjalanan pribadi untuk mencapai tingkat keahlian yang lebih tinggi.

Salah satu aspek yang menandakan tingkatan ilmu yang telah dipelajari oleh seorang karateka bisa dilihat dari sabuk yang mereka kenakan. Dalam dunia karate, tingkatan ini disebut dengan istilah Kyu dan Dan.

Kyu mengacu pada tingkatan murid, sementara Dan adalah tingkatan ahli atau master dalam karate. Untuk mencapai tingkatan Dan, seorang karateka harus melewati sejumlah tingkatan Kyu terlebih dahulu.

Mari kita kenali lebih dalam tentang tingkatan sabuk dalam karate beserta arti dan perjalanan yang harus dilaluinya.

1. Sabuk Putih (10th Kyu)

Seorang murid yang berlatih karate dapat dikenali dengan warna sabuknya, adapun sabuk warna putih mengandung arti, murid tersebut berada di tingkat paling dasar.

Sabuk putih menandakan permulaan yang masih bersih dan suci, seperti seorang karateka yang baru memulai perjalanannya. Pada tingkat ini, mereka belajar teknik dasar karate. Untuk naik ke tingkatan selanjutnya, seorang Kyu biasanya perlu berlatih setidaknya selama tiga bulan.

2. Sabuk Kuning (9th Kyu - 8th Kyu)

Tingkatan berikutnya adalah sabuk kuning. Seorang murid akan berlatih dengan tingkat sabuk kuning minimal selama enam bulan. Di tingkat ini, mereka memahami lebih banyak prinsip dan teknik dasar bela diri karate.

3. Sabuk Oranye (7th Kyu - 6th Kyu)

Sama seperti sabuk kuning, latihan karate pada tingkatan sabuk oranye juga berlangsung minimal selama enam bulan. Pada tahap ini, seorang Kyu dianggap telah cukup memahami prinsip dan teknik dasar bela diri karate serta kemampuan menjaga jarak saat bertemu lawan.

4. Sabuk Hijau (5th Kyu - 4th Kyu)

Tingkatan berikutnya adalah sabuk hijau, yang memerlukan latihan aktif minimal selama sembilan bulan. Di tingkat ini, karateka diajarkan kembali tentang penggunaan teknik dan keterampilan dasar karate, sambil belajar bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik tersebut dalam situasi nyata.

5. Sabuk Biru (3rd Kyu - 2nd Kyu)

Pada tingkatan sabuk biru, seorang karateka akan menjalani latihan aktif minimal selama 12 bulan. Murid yang telah mencapai tingkat ini biasanya mampu mengendalikan teknik dan emosi dengan baik. Mereka dapat mengontrol musuh selama latihan tanding atau sparing, menunjukkan rasa percaya diri, dan mampu membalas serangan lawan.

6. Sabuk Cokelat (1st Kyu)

Sabuk cokelat menandakan bahwa seorang karateka sudah memasuki tingkat pertama atau satu. Ini adalah tahap terakhir sebelum mencapai tingkat Dan. Pada tingkat ini, karateka akan berlatih minimal selama 18 bulan, memadukan teknik, pikiran, dan emosi dengan sangat baik.

7. Sabuk Hitam (Dan)

Sabuk warna hitam atau tingkat Dan adalah tingkat paling tinggi dalam karate. Meski sudah berada pada tingkatan ini, masih ada 10 tingkatan lagi yang harus dicapai. Tingkat pertama atau Shodan menandakan bahwa seorang karateka sudah menguasai berbagai teknik dasar karate dengan baik. Pada tingkat 9 (Kyudan) atau 10 (Judan), karateka akan diberikan gelar kehormatan master yang menunjukkan keahlian yang sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper