Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Buka KTT Asean 2023, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas di 29 Ruas Jalan

KTT Asean ke-43 digelar di Jakarta selama 5-7 September 2023. Polda Metro Jaya pun melakukan rekayasa lalu lintas.
Situasi lokasi kedatangan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan pada Selasa (5/9/2023). JIBI/Feni Freycinetia
Situasi lokasi kedatangan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan pada Selasa (5/9/2023). JIBI/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-43 digelar di Jakarta selama 5-7 September 2023. Polda Metro Jaya pun melakukan rekayasa lalu lintas guna melancarkan mobilitas selama acara berlangsung.

Polda Metro Jaya melalui akun Twitter, @TMCPoldametro mengumumkan bakal melakukan rekayasa lalu lintas selama rangkaian agenda perhelatan internasional di 29 ruas jalan di Jakarta.

"Rekayasa lalu lintas dan alih arus 29 ruas jalan selama KTT Asean ke-43. Diimbau kepada masyarakat agar menghindari ruas-ruas jalan tersebut,"dikutip Selasa (5/9/2023).

Berikut 29 ruas jalan yang mengalami rekayasa lalu lintas:

  1. Jalan Jenderal Sudirman
  2. Jalan MH Thamrin
  3. Jalan Gatot Subroto
  4. Jalan HR Rasuna Said
  5. Jalan Imam Bonjol
  6. Jalan HOS Cokroaminoto
  7. Jalan Galunggung
  8. Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo
  9. Jalan KH Mas Mansyur
  10. Jalan Karet Pasar Baru Timur V
  11. Jalan Karet Pasar Baru Timur II
  12. Jalan Karet Pasar Baru Timur III
  13. Jalan Prof Dr Satrio sisi Barat
  14. Jalan Kebon Sirih
  15. Jalan Wahid Hasyim
  16. Jalan Gerbang Pemuda
  17. Jalan Pintu Satu Senayan
  18. Jalan Asia Afrika
  19. Jalan Sisingamangaraja
  20. Jalan Pattimura
  21. Jalan Trunojoyo
  22. Jalan Gunawarman
  23. Jalan Majapahit
  24. Jalan Ir Juanda
  25. Jalan Veteran III
  26. Jalan Medan Merdeka Barat
  27. Lingkar Mega Kuningan
  28. Jalan Lingkar SCBD
  29. Jalan Setia Budi Tengah.

Di sisi lain, Dinas Perhubungan DKI Jakarta (Dishub DKI) menyampaikan manajemen rekayasa di sepanjang lalu lintas tersebut dengan dua metode.

Pertama, akan diberlakukan buka-tutup jalan yang bersifat opsional di sepanjang Rute Lintasan saat kendaraan delegasi melintas.

Kedua, penutupan ruas di Jalan Jenderal Sudirman dua arah, seperti dari Segmen Patung Pemuda hingga Simpang Susun Semanggi khusus pada kegiatan di Hutan Kota Plataran GBK mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

Meski ada rekayasa lalu lintas, Dishub DKI memastikan bahwa layanan publik angkutan umum Transjakarta tidak akan terganggu dengan perhelatan KTT Asean ke-43 ini.

"Layanan angkutan umum Transjakarta di sepanjang rute lintasan selama rangkaian acara KTT Ke-43 Asean berlaku normal," tulis Dishub di unggahan Instagram resminya, dikutip Selasa (5/9/2023).

Pengawalan Polri

Polri mengerahkan 1.679 personel untuk melakukan pengamanan dan rekayasa lalu lintas sepanjang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean yang digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan jumlah tersebut dimaksudkan untuk mengatur arus lalu lintas yang akan dilalui para delegasi dan masyarakat dapat berjalan baik dan lancar.

"Untuk pengamanan rute sebanyak 1.128 personel, 300 personel untuk pengamanan parkir dan 251 personel untuk pengawalan yang terdiri dari 75 personel untuk pengawalan delegasi baik dengan kendaraan roda dua dan roda empat, lalu sebanyak 176 personel BKO paspampres," kata Sandi.

Kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk membuat surat edaran soal pembatasan kendaraan besar di sejumlah ruas. Lalu ada juga kebijakan work from home (WFH) untuk mengurangi mobilitas masyarakat selama penyelenggaraan KTT Asean.

"Kami juga mengusulkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta untuk mengganti proses belajar mengajar sekolah yang ada di sekitar venue KTT Asean untuk dilakukan secara daring," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper