Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Simbiosis Mutualisme dan Faktor yang Memengaruhinya

Berikut ini merupakan beberapa contoh simbiosis mutualisme yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh simbiosis mutualisme/Kementerian LHK.
Contoh simbiosis mutualisme/Kementerian LHK.

Bisnis.com, JAKARTA - Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua organisme atau makhluk hidup yang berbeda jenis, tapi saling menguntungkan satu sama lain. Istilah mutualisme berasal dari kata mutual dalam Bahasa Inggris yang berarti bersama-sama. Kamu juga perlu mengetahui contoh simbiosis mutualisme. 

Istilah kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang memiliki arti dengan, dan biosis berarti kehidupan, sehingga kata simbiosis kerap diartikan dengan kehidupan dari sebuah hubungan atau interaksi antara dua organisme yang berbeda. Sementara itu, istilah untuk makhluk hidup yang bersimbiosis disebut sebagai simbion.

Berikut ini adalah beberapa contoh simbiosis mutualisme yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Faktor yang memengaruhi simbiosis mutualisme 

  • Salah satu organisme yang terlibat meninggalkan simbiosis mutualisme dan hidup secara mandiri.
  • Salah satu organisme yang terlibat berubah menjadi parasit dan tidak lagi menguntungkan, serta berubah jadi merugikan bagi spesies organisme yang menjadi pasangannya.
  • Salah satu organisme berganti spesies atau berganti pasangan hubungan simbiosis mutualisme.
  • Punah atau tewasnya salah satu organisme.

2. Jenis-jenis simbiosis mutualisme 

  • Interaksi Service – Resource

Simbiosis mutualisme interaksi service-resource (pertolongan-sumber) umunya terjadi ketika salah satu spesies memberikan bantuan, dan spesies lainnya menyediakan bahan makanan atau bahan lain yang juga dibutuhkan spesies pemberi bantuan untuk hidup. Jenis interaksi simbiosis mutualisme ini dibagi lagi menjadi 4 (empat) macam, yaitu penyerbukan, simbiosis pembersihan, zookori atau penyebaran bibit tanaman yang dibantu oleh hewan, dan simbiosis perlindungan.

  • Interaksi Service – Service

Simbiosis mutualisme interaksi service-service (tolong-menolong) ini umumnya cukup sulit ditemukan. Karena simbiosis ini hanya terjadi untuk saling memberikan bantuan agar terhindar dari predator.

3. Contoh simbiosis mutualisme

  • Bunga dengan lebah 

Contoh simbiosis mutualisme yang pertama pada bunga dan lebah. Hubungan antara bunga dan lebah juga memberikan keuntungan serupa. Ketika lebah mengisap madu dan nektar dan kelopak bunga, maka otomatis tumbuhan akan terbantu proses penyerbukannya. Keuntungannya adalah lebah akan mendapat madu atau nektar, sedangkan bunga akan memperoleh keuntungan berupa bantuan penyerbukan tanaman.

  • Bunga dengan kupu-kupu

Interaksi antara bunga dan kupu-kupu merupakan contoh simbiosis mutualisme yang kerap kita temukan. Kupu-kupu yang mengisap madu dan nektar dari kelopak bunga akan membantu proses penyerbukan bunga. 

Masing-masing spesies mendapatkan keuntungan, yaitu kupu-kupu mendapat makanan berupa madu atau nektar, sedangkan bunga terbantu perkembangbiakannya.

  • Bunga raflesia dengan lalat

Bunga rafflesia adalah salah satu bunga yang dikenal menghasilkan bau tidak sedap (bau bangkai). Kondisi alami ini dimanfaatkan oleh lalat untuk hinggap di sekitarnya dan mencari makanan.

Keuntungan yang didapatkan dari hubungan ini adalah lalat mendapat makanan secara gratis dan bunga raflesia mendapat keuntungan berupa bantuan penyerbukan.

  • Kerbau dengan burung jalak 

Contoh Simbiosis mutualisme berikutnya antara burung jalak dan kerbau barangkali menjadi hubungan yang paling sering dicontohkan. Jalak yang hinggap di tubuh kerbau akan mencari makanan berupa kutu-kutu kerbau. Kerbau juga akan terbantu karena kulitnya akan bersih dari kutu.

Keuntungan dalam hubungan ini adalah burung jalak mendapatkan makanan berupa kutu kerbau, sedangkan kerbau juga mendapat keuntungan karena berkurangnya rasa gatal akibat kutu pada kulitnya.

  • Semut dengan burung pelatuk 

Burung pelatuk dikenal sebagai salah satu tokoh kartun woody woodpecker yang memiliki kebiasaan mematuk dan membuat lubah di batang pohon untuk dijadikan sarang. Burung pelatuk melakukan simbiosis mutualisme dengan semut, yaitu semut yang hidup di pohon memberikan perlindungan terhadap telur-telur burung.

Keuntungan yang diperoleh oleh burung pelatuk adalah penjagaan telur, sedangkan keuntungan bagi semut adalah terhindar dari predator semut.

Itulah beberapa contoh simbiosis mutualisme beserta pengertiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper