Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT Asean ke-43 di Jakarta, Ini Agendanya

Dirjen Kerja Sama Asean Sidharto R Suryodipuro menyampaikan rangkaian agenda KTT Asean ke-43 di Jakarta
Presiden Joko Widodo berbicara dalam KTT Asean 2023 di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Rabu (11/5/2023). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo berbicara dalam KTT Asean 2023 di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Rabu (11/5/2023). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Kerja Sama Asean Kementerian luar Negeri (Kemlu) RI Sidharto R Suryodipuro menyampaikan agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-43 di Jakarta pada September 2023.

Dia menjelaskan bahwa KTT Asean ke-43 akan digelar 5-7 September 2023 dalam format plenary maupun retreat yang dimulai pada 5 September 2023.

Selain itu, akan dilaksanakan KTT antara negara Asean dengan negara-negara mitra yang akan dihadiri oleh 27 pemimpin negara, pada 6 September 2023.

Sidharto menyatakan di sela-sela rangkaian KTT juga akan diadakan pertemuan bilateral di antara para pemimpin yang hadir. Selanjutnya, digelar East Asia Summit (EAS) dan Asean Plus Three Summit pada 7 September 2023. 

Lebih lanjut, sesuai jadwal yang sudah ditentukan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan memimpin 12 pertemuan dalam KTT Asean ke-43 tersebut. 

"Presiden RI akan memimpin 12 pertemuan antara tanggal 5 sampai 7 September dan ini semua akan bertempat di Jakarta Convention Center," katanya dalam konferensi pers. 

Dia menjelaskan bahwa 12 pertemuan yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi di antaranya yaitu, Asean Summit dalam format plenary, Asean Summit dalam format retreat, 26th Asean-China Summit, 24th Asean-Republik of Korea Summit. 

Selanjutnya, 26th Asean-Jepang Summit, 11th Asean-US Summit, Asean-Kanada Summit, 26th Asean Plus Three, 20th Asean-India Summit, 3rd Asean-Australia Summit, 18th East Asia Summit, dan 13th Asean-United Nation Summit. 

Jokowi juga dikonfirmasi akan memimpin kegiatan Asean yang bersifat non-persidangan, di antaranya Opening Ceremony 43rd Asean Summit, Opening Asean-IndoPacific Forum, Gala Dinner, Social Events, serta Closing Ceremony dengan menyerahkan keketuaan Asean kepada negara berikutnya, yaitu Laos.

Selanjutnya, KTT Asean ke-43 akan diakhiri dengan Press Conference dari Presiden Jokowi, pada 7 September 2023. 

“Rangkaian akan diakhiri dengan pernyataan pers oleh presiden pada tanggal 7 September,” ujarnya.

Sidharto memperkirakan akan ada 27 pemimpin negara dan organisasi internasional yang  hadir dalam KTT Asean ke-43 tersebut. 

Dia mengatakan bahwa 27 undangan itu termasuk pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA), serta Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Sementara itu, dia juga mengatakan bahwa rangkaian KTT Asean ke-43 ini diharapkan dapat menguatkan pencapaian dan pondasi visi Asean 2045 serta menguatkan kelembagaan Asean baik dari segi pembuatan keputusan yang lebih efektif dan efisien hingga hal-hal substansi keorganisasian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper