Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kumpulan Doa Perjalanan Jauh agar Selamat Sampai Tujuan

Sebelum bepergian sebaiknya membaca doa agar selalu dalam lindungan-Nya. Berikut doa perjalanan jauh yang wajib kamu baca Ketika baru keluar rumah.
Doa perjalanan/Freepik
Doa perjalanan/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan jauh adalah perjalanan yang melelahkan. Waktu yang biasanya kita habiskan untuk bekerja atau hanya bersantai berubah untuk menyusuri jalanan ratusan kilometer jauhnya.

Belum lagi ada sederet risiko dan bahaya yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Untuk itu, kamu perlu membaca doa perjalanan jauh sebelum bepergian. Doa perjalanan jauh pasti sering kamu dengar atau kamu hafal Ketika masih duduk di bangku sekolah. 

Perlu diingat, bahwa berkendara adalah di antara nikmat yang harus disyukuri. Demikian juga, maka sebagai bentuk syukur disarankan untuk membaca doa selama berkendara.

Imam an-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar memberikan panduan sejumlah doa yang harus dibaca Ketika berkendara. 

Kumpulan Doa Perjalanan Jauh

1. Doa Perjalanan Jauh Naik Kendaraan Darat 

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillahilladzi/ Subhanallazi Sakhara Lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna.

Artinya:  Segala puji bagi Allah/Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kita. Padahal kamu sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Lalu lanjutkan dengan membaca Alhamdulillah (3x), Allahu akbar (3x) dan kemudian membaca doa berikut: 

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhanaka inni zhalamtu nafs faghfirl fa innah la yaghfiruz dzunuba illa anta

Artinya: “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau”.

2. Doa Perjalanan Jauh Naik Pesawat

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

3. Doa Perjalanan Jauh Naik Kapal Laut

وَقَالَ ارْكَبُوْا فِيْهَا بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗ اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

4. Doa agar Tidak Mabuk Perjalanan

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahumma antasshohibu fissafar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a'udzubika min wa'tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta.” 

Itulah beberapa doa perjalanan jauh yang wajib kamu baca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper