Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Budi Arie Setiadi, Wartawan yang Siap Dilantik Jokowi Jadi Menkominfo

Berikut sepak terjang Budi Arie, pendukung Jokowi yang mengawali kariernya menjadi wartawan dan menjabat sebagai Wamendes PDTT.
Profil Budi Arie Setiadi, Wamendes PDTT yang akan dilantik Presiden Jokowi menjadi Menkominfo/kemendesa.go.id
Profil Budi Arie Setiadi, Wamendes PDTT yang akan dilantik Presiden Jokowi menjadi Menkominfo/kemendesa.go.id

Bisnis.com, SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet pada hari ini, Senin (17/7/2023) di Istana Negara, Jakarta.

Dalam rencana perombakan ini, Jokowi akan melantik Budi Arie Setiadi untuk menggantikan Johnny G Plat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Saat ini, Budi Arie merupakan salah satu petinggi relawan Jokowi yang sebenarnya sudah masuk ke dalam kabinet Indonesia Maju.

Namun saat ini ia menjabat sebagai Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) sejak 25 Oktober 2019.

Melansir dari situs Kemendes, Budi Arie Setiadi lahir di Jakarta, 20 April 1969. Ia merupakan lulusan pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia, yang kemudian melanjutkan S2 Manajemen Pembangunan Sosial.

Sejak masih mahasiswa, Budi sudah aktif bergabung dengan organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Presidium Senat Mahasiswa UI pada 1994-1995 dan pernah menjadi ketua Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP UI pada 1993-1994.

Kemudian setelah lulus dari UI, Budi Arie didapuk menjadi ketua ILUNI UI Jakarta pada 1998-2000, kemudian menjadi Dewan Penasehat ILUNI UI pada 2016-2019.

Budi Arie juga merupakan pendukung setia Jokowi bahkan setelah dirinya menjadi wakil ketua PDI Perjuangan DKI Jakarta pada 1998-2001.

Kemampuan berpolitiknya itu akhirnya membuatnya ditunjuk menjadi Ketua Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta pada 2005-2010.

Hingga akhirnya dirinya ditunjuk menjadi Ketua Umum DPP PROJO pada 2013-2014 yang mengantarkan Joko Widodo menjadi presiden RI.

Selain dunia politik, Budi Arie juga dikenal sebagai sosok wartawan. Di mana dirinya adalah pendiri Harian Bergerak pada 1998.

Kariernya ini sudah dimulai sejak di bangku kuliah, yakni saat ia menjadi redaktur pelaksana Suara Mahasiswa UI pada 1992-1993.

Kemudian pada 1994-1996, Budi Arie menjadi wartawan dan redaksi Mingguan Kontan dan Media Indonesia Minggu.

Melepas jabatannya, ia kemudian ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Mandiri Telekomunikasi Utama pada 1996-2001.

Terus melejit, ia akhirnya kembali ke dunia wartawan dan menjabat sebagai pemimpin umum Tabloid Bangsa pada 2001-2009.

Selama berkarier, Budi juga sempat merilis buku dan karya tulisnya dari 2014-2015. Di antaranya yakni Menjemput Takdir Sejarah dan Berubah Demi Rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper