Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Program Unggulan Partai Demokrat

Berikut 10 progam unggulan Partai Demokrat yanh prorakyat dan telah dilaksanakan pada era SBY.
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rabu (7/6/2023), mengungkap alasan Partai Demokrat mendesak nama cawapres Anies Baswedan segera diumumkan. JIBI/Bisnis-Lukman Nur Hakim
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rabu (7/6/2023), mengungkap alasan Partai Demokrat mendesak nama cawapres Anies Baswedan segera diumumkan. JIBI/Bisnis-Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuturkan akan mengusung program prorakyat semasa ayahnya berkuasa. 

Program prorakyat itu sebenarnya sudah termaktub dalam 10 program unggulan Partai Demokrat, sebagaimana dilansir dari laman resmi partai, Sabtu (15/7/2023).

Adapun program unggulan itu meliputi:

1. Mencetak SDM yang unggul dan militan

Kemajuan teknologi sebagai alat produksi merupakan kemajuan zaman. Peringsutan dunia di era ekonomi pasca-industri secara otomatis mengubah kebutuhan tenaga kerja.

Sumber daya manusia yang unggul dan militan harus diproduksi karena Indonesia harus mengejar ketertinggalannya. 

Untuk itu diperlukan manusia yang tidak hanya unggul, tetapi memiliki kesabaran dan bekerja keras untuk memproduksi gagasan dan inovasi.

Harapan itu harus diwujudkan dengan jalan bersinergi dan berkolaborasi sesama elemen bangsa.

Semoga saja ke depan partai bisa membuka perguruan tinggi, memberikan beasiswa, menggelar diklat keahlian profesi sebagai perwujudan gagasan ini. Hal ini nantinya akan menjadi aset bangsa.

2. Memperkuat kepemimpinan dan manajemen yang efektif.

Saat ini masalah-masalah yang dihadapi dunia sangat kompleks dan universal.

Sebut saja ekonomi yang rentan krisis, krisis politik, krisis lingkungan, krisis kemanusiaan dan dampak pandemi Covid-19.

Keadaan tersebut harus ditanggapi oleh partai politik dengan memilih pemimpin yang sudah teruji cekatan dan cepat mengambil keputusan dan bertindak. 

Pertama, hal ini bisa mulai dilakukan dengan regenerasi kepemimpinan dalam tubuh partai politik seperti yang sudah dilakukan oleh Partai Demokrat.

Kedua, memaksimalkan proses pendidikan atau pelatihan kepemimpinan dalam tubuh partai.

Ketiga, menguatkan kekompakan struktur partai dari pusat sampai anak cabang dengan bergerak secara kolektif kolegial.

3. Modernisasi Partai Demokrat menuju smart party

Teknologi telah mengubah relasi sosial manusia. Kebutuhan-kebutuhan manusia sudah berpindah dan diadakan oleh gawai.

Hal tersebut juga menjadikan kehidupan lebih transparan. Sudah waktunya hal tersebut dikonversi oleh partai politik untuk menyampaikan program-platform perjuangan sebagai jalan keluar masalah rakyat.

Partai politik juga bisa memanfaatkan platform digital sebagai sarana transparansi partai kepada publik.

4. Memperkuat komunikasi politik yang efektif di setiap lini.

Kalkulasi untung rugi kelompok atau golongan harus dipinggirkan. Saatnya politik direversi, yaitu untuk kepentingan orang banyak.

Pengusaha, Politisi, Akademisi, Ilmuwan, Praktisi serta Pekerja harus menyatukan persepsi.

Silaturahmi dan kegiatan bersama juga harus dilakukan untuk mempererat komitmen dan persaudaraan.

5. Meningkatkan program-program pengabdian masyarakat

Partai politik wajib mengabdi kepada masyarakat.

Mengubah masyarakat yang pasif menjadi aktif melalui program-program konkret dengan memanfaatkan kemampuan kader atau anggota yang memiliki keahlian atau keterampilan untuk memecahkan kontradiksi pokok masyarakat, dengan memberikan pelatihan yang berbasis keprofesian.

Misalnya petani yang gagap tentang teknologi atau kekurangan modal.

Begitupun di sektor masyarakat lainnya. Intinya masyarakat merasakan kehadiran partai politik.

6. Membina dan memperluas jaringan konstituen

Pendidikan politik harus diperluas di berbagai kalangan dan lintas generasi.

Agenda turun ke bawah harus dilakukan para kader partai untuk mendengar langsung keluhan dan memberi kesempatan kepada konstituen untuk menyampaikan saran dan masukan kepada partai melalui dialog interaktif tatap muka.

7. Menangkan suara generasi muda (bonus demografi)

Caranya dengan mewadahi mereka sesuai minat dan bakat masing-masing. Ini juga akan menjadi daya tarik mereka untuk berpolitik.

8. Menyukseskan kepala daerah tahun 2020 dan 2024.

Momentum pilkada merupakan itikad semua partai politik untuk mempersembahkan kader atau pilihan terbaik kepada masyarakat yang memiliki integritas, kredibilitas dan kapabilitas.

Agus yakin Partai Demokrat berkomitmen bahwa semua calon yang direkomendasikan mempunyai insting yang tinggi tentang kesejahteraan bersama serta memiliki rekam jejak yang bersih dari praktek pengkhianatan terhadap masyarakat.

9. Menyukseskan pemilihan legislatif tahun 2024

Pastinya Partai Demokrat terbuka untuk semua kalangan termasuk para anak muda yang siap untuk menjadi kader dan menjadikan Demokrat sebagai kendaraan untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif tahun 2024.

10. Menyukseskan pemilihan presiden tahun 2024.

Empat tahun ke depan sudah waktunya rekomposisi kekuasaan. Para pelopor peradaban harus menjadikan tahun tersebut sebagai momentum meraih kekuasaan lewat jalan pemilihan elektoral.

Bonus demografi harus dimanfaatkan untuk merebut peluang tersebut. Kekompakan semua elemen bangsa termasuk para anak muda dalam menentukan calon sangat menentukan arah kemajuan bangsa ini ke depan.

Sudah banyak cara yang dilakukan anak muda dalam mengejewantahkan idenya, tapi hanya sedikit saja yang melalui jalan politik.

Pemilihan Presiden tahun 2024 semoga menyadarkan kaum pecinta peradaban bahwa perubahan yang besar harus dilakukan dengan mendapatkan jabatan politik tertinggi di negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper