Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NATO Resmi Bentuk Koalisi Pelatihan Pilot Pesawat Tempur F-16 untuk Ukraina

NATO resmi membentuk koalisi pelatihan pilot pesawat tempur F-26 untuk Ukraina.
Jet tempur F-16V buatan Amerika Serikat (AS)./Istimewa
Jet tempur F-16V buatan Amerika Serikat (AS)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Koalisi internasional untuk melatih pilot Ukraina dengan jet tempur F-16 telah dibentuk, kata Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov pada 11 Juli.

Pada KTT NATO di Vilnius, Reznikov menandatangani memorandum yang menguraikan persyaratan pelatihan dengan 11 anggota koalisi.

Mereka adalah Denmark, Belanda, Belgia, Kanada, Luksemburg, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Swedia, dan Inggris.

“Saya sangat berterima kasih kepada Denmark dan Belanda atas kepemimpinan mereka yang luar biasa dalam proses ini,” tambah menteri pertahanan.

Menurut Reznikov, pilot, teknisi, dan staf pendukung Ukraina akan belajar mengoperasikan dan memelihara jet F-16 dan kemungkinan jenis pesawat tempur lainnya.

Program tersebut akan dimulai di Denmark pada awal Agustus ini, dan pusat pelatihan juga akan didirikan di Rumania, sekutu mengumumkan di KTT tersebut, lapor Reuters.

“Kami harus mempertahankan penduduk sipil kami, infrastruktur kami, objek kritis, sekolah kami, universitas kami. Itulah mengapa bagi kami sangat penting koalisi jet tempur ini dimulai,” kata Reznikov kepada wartawan, seperti dikutip Reuters.

"Saya harap - saya optimis - bahwa setelah enam bulan, kita akan melihat hasilnya."

Pada bulan Mei, sekutu setuju untuk membangun koalisi untuk membantu pengadaan jet F-16 buatan AS untuk Ukraina dan melatih pilot pesawat tempur Ukraina.

Ukraina telah menerima jet tempur MiG-29 era Soviet dari Polandia dan Slovakia tetapi telah mendorong pesawat yang lebih canggih.

Kementerian Pertahanan Ukraina sebelumnya mengatakan membutuhkan setidaknya 48 jet tempur F-16 untuk membebaskan wilayah dari Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper