Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Momen Menarik di Rakernas III PDIP Hari Kedua

Ada sejumlah kejadian menarik pada hari kedua Rakernas III PDIP yang berlangsung di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan.
Seniman Sri Krishna Encik menyanyikan tembang karyanya berjudul Ganjar Siji Ganjar Kabeh yang membuat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tertawa saat Rakernas PDIP III di Jakarta, Rabu (7/6/2023)./Dok. PDIP
Seniman Sri Krishna Encik menyanyikan tembang karyanya berjudul Ganjar Siji Ganjar Kabeh yang membuat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tertawa saat Rakernas PDIP III di Jakarta, Rabu (7/6/2023)./Dok. PDIP

Bisnis.com, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) telah menggelar rapat kerja nasional (rakernas) III hari kedua pada Rabu (7/6/2023). Ada beberapa kejadian menarik yang terjadi pada hari kedua ini.

Rakernas III PDIP ini dijadwalkan berlangsung tiga hari, yaitu mulai pada 6 hingga 8 Juni 2023. Nantinya, pada hari terakhir pihak PDIP akan mengungkapkan rekomendasi dari rakernas III ini.

Pada hari pertama ini, hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga hadir untuk membuka secara resmi rakernas III ini. Selain itu, tampak juga bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo.

Sedangkan pada hari kedua ini, hanya Megawati yang terlihat. Para kader PDIP yang hadir fokus membahas pemenangan Pemilu 2024 pada kesempatan ini.

Lalu, apa saja momen menarik dari rakernas III PDIP hari pertama ini? Berikut rangkumannya.

PDIP Sindir Prabowo?

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa kebijakan setiap menteri tak boleh berbeda dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasto mengingatkan hal itu usai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan proposal yang berisi lima resolusi untuk mendamaikan konflik Rusia-Ukraina. Namun, proposal itu ditolak oleh pihak Ukraina.

"Semua [menteri] harus satu napas dengan kebijakan Bapak Presiden, tidak ada yang berbeda," ujar Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Dia mengatakan, dalam menyikapi pertarungan geopolitik, Jokowi selalu mengedepankan prinsip politik bebas aktif yang sudah ditanamkan para pendiri bangsa.

Hasto mencontohkan beberapa kali Jokowi menyatakan sikap politik bebas aktif itu saat bertemu para pemimpin negara dunia.

"Sehingga tidak boleh ada pemimpin di Republik ini yang membuat kebijakan luar negeri pertahanan dan termasuk proposal perdamaian dengan melupakan hakekat dari politik bebas aktif kepemimpinan," jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi sudah menyatakan proposal Pranowo yang disampaikan di forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 20th Asia Security Summit Singapura pada Jumat (2/6/2023) itu merupakan inisiatif langsung menteri pertahanan.

“Itu [inisiatif] dari Pak prabowo sendiri,” kata Jokowi usai acara pembukaan Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Oleh sebab itu, dia mengaku bahwa dalam waktu dekat akan segera mengundang rival politik dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019 tersebut untuk bercengkerama di Istana Negara.

“Namun, saya memang belum betemu dengan Pak Prabowo, mungkin hari ini atau besok akan saya akan undang dan meminta penjelasan mengenai apa [maksud] dari yang Pak Menhan sampaikan,” pungkas Jokowi.

Megawati Dinyanyikan Lagu

Momen menarik terjadi pada hari kedua rapat kerja nasional (rakernas) III PDI Perjuangan (PDIP) pada Rabu (7/6/2023). Saat itu, Sri Krishna Encik menyanyikan tembang karyanya berjudul "Ganjar Siji Ganjar Kabeh" di hadapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Awalnya, seniman senior Butet Kartaredjasa menjelaskan di depan Megawati bahwa lagu "Ganjar Siji Ganjar Kabeh" itu sempat viral. Butet pun mempersilakan Encik maju menghadap para elite PDIP.

Ada Megawati, Ketua DPP Puan Maharani, Ketua DPP Prananda Prabowo, dan Bendahara Umum Olly Dondokambey. Lalu, di belakang para tokoh itu ada juga Sekrestaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Said Abdullah, Ketua DPP Nusyirwan Soejono, dan Sekretaris Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Rano Karno.

Encik yang berambut gimbal itu pun maju dengan membawa gitar. Dia tampak menundukkan kepalanya sebelum bernyanyi.

"Tengji, tengbeh, banteng siji banteng kabeh [banteng satu, banteng semua]. Jarji, jarbeh, Ganjar siji, Ganjar Kabeh [Ganjar satu, Ganjar semua]," nyanyian Encik.

Sejumlah peserta rakernas pun tampak berdendang mengikuti nyanyian Encik itu.Dia melanjutkan nyanyiannya dengan menyebut nama Puan.

"Wanji, Wanbeh, Puan Siji, Puan Kabeh," begitu penggalan lirik yang dinyanyikan Encik.

Setelahnya, Encik juga mengubah liriknya khusus untuk Megawati.

"Di sini ada Bu Mega. Bu Mega ketua kita. Beliau memang bijaksana. Kita semua mendukungnya. Maji, mabeh, Mega siji, Mega kabeh," dendang Encik.

Megawati pun tampak tertawa, begitu juga dengan jajaran DPP PDIP. Presiden ke-5 itu tampak tersipu malu saat petikan lagu itu didendangkan.

Dinamika Cawapres Ganjar

Hasto Kristiyanto menyampaikan satu nama baru dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, yaitu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Ada yang mengusulkan Pak Basuki [jadi cawapres Ganjar], yang oleh Pak Jokowi dikatakan sebagai bapak infrastruktur," jelas Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Dia menjelaskan, kader PDIP di daerah ingin agar Basuki dipertimbangkan untuk dipasangkan dengan Ganjar. Alasannya, pembangunan infrastruktur di daerah mereka terlihat nyata.

"Karena beliau [Basuki], ada dari daerah-daerah Aceh mengalami kemajuan [pembangunan infrastruktur], Papua mengalami kemajuan, Sumatera, Palembang mengalami kemajuan karena pembangunan infrastruktur, kemudian NTT mengalami kemajuan," ujarnya.

Selain itu, Ketua DPP PDIP Said Abdullah kembali menegaskan pihaknya serius mempertimbangkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk jadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo.

Said membantah pihaknya menyebut nama AHY sebagai salah satu kandidat cawapres untuk Ganjar hanya untuk membuat pecah Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Memang, saat ini Partai Demokrat tergabung dalam KPP untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

AHY pun diyakini menjadi salah satu kandidat kuat cawapres untuk Anies. Meski begitu, Said mengakui PDIP juga mempertimbangkan AHY jadi kandidat cawapres untuk Ganjar.

"Salah satunya AHY, kami serius, tidak main-main. Jangan kemudian diasosiasikan penyebutan AHY hanya akan merusak partai lain, koalisinya, atau dengan segala hormat dan dengan segala kerendahan hati ketika menyebut AHY seakan-akan kemudian akan meremehkan AHY. Itu jauh daripada itu dan memang masuk pertimbangan kami dan itu serius," ujar Said dalam sela-sela Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Ketua Badan Anggaran DPR ini pun menyebut dua pertimbangan yang membuat AHY jadi kandidat cawapres serius untuk mendampingi Ganjar.

"Kan kita lihat, yang satu Pak AHY ketua umum, yang kedua partainya elektabilitasnya semakin naik. Kan ada pertimbangan-pertimbangannya," ungkap Said.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani memang mengungkap AHY juga dalam bursa cawapres untuk Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Menurut Puan, setidaknya ada 10 nama cawapres yang dipertimbangkan untuk mendampingi Ganjar pada ajang Pilpres 2024. Ketua DPR RI ini pun menyebut enam dari sepuluh nama cawapres potensial Ganjar.

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya kan? Pak AHY, Pak.. Sopo [siapa] lagi Mas [tanya ke Ganjar]? Pak Airlangga, ya kan?" ujar Puan dalam sela-sela Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Pilpres 1 Putaran

PDI Perjuangan (PDIP) meyakini bakal calon presiden (capres) usungannya, Ganjar Pranowo, akan memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Said Abdullah menjelaskan, Ganjar sudah menjadwalkan untuk turun ke 65 titik di penjuru negeri hingga Oktober 2023. Oleh sebab itu, dengan usaha keras itu PDIP yakin Ganjar akan menang Pilpres 2024 lewat satu putaran.

"Saya hakul, yakin, dengan rakernas ini dan turun di 65 titik, kok rasa rasanya buang-buang energi kalau sampai [Pilpres 2024] dua putaran. Kami yakin Ganjar [menang] satu putaran," jelas Said dalam sela-sela Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Dia menjelaskan, Ganajr akan membawa dua pesan utama dalam safari politik jelang Pilpres 2024.

"Yang pertama tentu pada sisi peningkatan ekonomi masyarakat, karena itu tergambar di semua sisi," ungkap Said.

Menurutnya, Ganjar akan melakukan akselerasi lewat capaian dan kebijakan dasar ekonomi yang sudah diletakkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang kedua tentu yang menjadi concern [perhatian] kita bersama tentang korupsi," lanjut Ketua Badan Anggaran DPR ini.

Dua hal itu, menurut Said, akan menjadi pesan menjadi utama yang akan disampaikan Ganjar ketika turun ke bawah. Meski demikian, Ganjar juga akan mendengarkan berbagai masukan dari masyarakat.

"Seluruh kader PDI Perjuangan akan turun pada pola nano-targeting dan melakukan door to door [pintu ke pintu] menyampaikan kepada masyarakat. Termasuk Pak Ganjar pun akan turun dari rumah ke rumah, kumpul dengan masyarakat, menanyakan masyarakat, apa kebutuhannya masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, Said mengatakan sejak diusung jadi capres pada akhir April lalu, Ganjar baru turun ke lima titik daerah. Meski demikian, klaimnya, elektabilitas Ganjar sudah naik sebanyak empat persen.

Visi-Misi Penanganan Kemiskinan untuk Ganjar

PDIP sudah menyepakati setidaknya dua visi-misi terkait penganan kemiskinan yang akan dibawa Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Kesepakatan itu dicapai pada hari kedua rapat kerja nasional (rakernas) III PDIP pada Rabu (7/6/2023).

Politikus PDIP Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya sudah membentuk sejumlah komisi untuk merumuskan rekomendasi dalam mengentaskan kemiskinan pada hari kedua rakernas III PDIP.

Dalam pembahasannya, lanjut Anas, para peserta sepakat setidaknya dua hal untuk menangani masalah kemiskinan. Pertama, perlu adanya transformasi digital terkait data kemiskinan. Kedua, melakukan tata kelola program kemiskinan. 

Hal ini tengah disusun oleh Tim Komisi Rekomendasi untuk visi-misi calon presiden Ganjar Pranowo terkait penanganan kemiskinan..

"Apa yang dikerjakan rakernas hari ini adalah Ibu Ketum minta dan semua bergerak mengatasi kemiskinan secara lebih terencana dan tata kelolanya untuk bisa lebih baik," kata Anas dalam sela-sela Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Menpan-RB ini menambahkan, komisi setuju penanganan kemiskinan memerlukan integrasi dari pemerintah pusat, pemda, dan juga partai dalam hal ini PDI Perjuangan. Oleh sebab itu, lanjut Anas, seluruh pengurus partai dikumpulkan untuk bertindak dan bekerja secara nyata baik di eksekutif dan legislatif.

"Maka dari itu instruksi Ibu Ketum agar seluruh kader PDI Perjuangan melakukan jemput bola," jelas Anas.

Lebih lanjut, dengan mengutip riset Badan Pusat Statistik (BPS), Anas mengatakan angka kemiskinan saat ini berada di 9,57 persen. Dia menerangkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan angka kemiskinan menjadi 7,2 persen pada 2024.

"Artinya kalau business as usual ini tidak akan tercapai dengan cepat maka instruksi Ibu Ketum [Megawati Soekarnoputri] agar seluruh kader partai ikut bahu membahu bergotong royong untuk mencapai agar kemiskinan ekstrem menjadi 0 dari kemiskinan kita, sesuai arahan presiden itu kan targetnya 7,2 persen," kata dia.

Ke depan, Ganjar akan ngebut untuk terus turun ke 60 titik sisanya. Said menjamin Ganjar tak akan meninggalkan tugasnya sebagai gubernur Jawa Tengah, meski keliling Indonesia untuk sosialisasi diri.

Caranya, Ganjar hanya akan bersafari politik pada hari libur kerja atau akhir pekan.

"Sekarang pada hari Sabtu bisa satu sampai tiga titik, bahkan Pak Ganjar enam sampai tujuh titik. Itu sangat mudah dicapai 60 sampai 65 titik," ucap Said.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper