Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Round Up: 6 Kejadian di Hari Pertama KTT Asean 2023 Labuan Bajo

Simak 6 kejadian atau hal-hal yang terjadi pada hari pertama KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT.
Presiden Jokowi memimpin KTT ke-42 Asean 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023. Dok. BPMI Setpres RI.
Presiden Jokowi memimpin KTT ke-42 Asean 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023. Dok. BPMI Setpres RI.

Bisnis.com, LABUAN BAJO - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-42 Asean 2023 telah dimulai sejak Rabu (10/5/2023) dan akan berakhir pada Kamis (11/5/2023) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Kegiatan KTT Asean 2023 dilaksanakan di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, yang dihadiri oleh 10 anggota Asean, termasuk Timor Leste yang datang untuk pertama kalinya di acara perkumpulan negara-negara Asia Tenggara.

Berikut rangkuman 6 hal yang terjadi pada hari pertama pelaksanaan KTT Asean 2023 

1. Jokowi Buka KTT ke-42 Asean 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (10/5/2023) resmi membuka KTT ke-42 Asean di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa KTT Asean ke-42 dibuka,” kata Jokowi di Hotel Meruorah, Rabu (10/5/2023). 

Dalam sambutannya, Jokowi menyapa seluruh kepala negara yang hadir, termasuk Timor Leste yang baru saja bergabung sebagai anggota.

Presiden Jokowi berharap Asean mampu menjadi pusat ekonomi dunia, dan meminta seluruh negara kawasan di Asean untuk bersama menunjukkan persatuan. 

2. PM Timor Leste Beri Pidato

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dalam pidatonya mengaku senang atas sambutan dan penerimaan yang baik oleh Jokowi dalam KTT ke-42 Asean 2023.

Taur Matan Ruak menuturkan kejadian ini merupakan pertama kalinya Timor Leste menghadiri KTT Asean, usai diterima menjadi anggota asosiasi tersebut dengan status observer pada 2022 lalu.

Setelah diterima sebagai anggota Asean ke-11 pada tahun lalu, status Timor Leste masih observer (pengamat) dan belum menjadi anggota penuh blok kawasan tersebut. Alhasil, Timor Leste masih harus menjalani proses peta jalan (road map) yang telah disusun dan disepakati di pertemuan para pemimpin Asean. 

“Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Asean 2023 yang telah memberikan undangan kepada saya untuk berpartisipasi di KTT yang bersejarah ini,” katanya melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (10/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, dia juga menyatakan kesiapan Timor Leste untuk menjalankan kewajiban sebagai anggota Asean secara penuh.

3. Pertemuan Asean Youth dan Asean BAC

Pada hari pertama KTT ke-42 Asean, sejumlah diskusi digelar, diantaranya Asean Youth dan Asean BAC.

Jokowi dalam diskusi Asean Leaders’ Interface with Representatives of Asean Youth berharap peran besar generasi muda Asean untuk mewujudkan visi anggota negara Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan.

“Kami berharap peran besar generasi muda Asean untuk keberlangsungan Asia Tenggara sebagai kawasan yang stabil dan damai serta jadi epicentrum of growth,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Asean Business Advisory Council (Asean-BAC) Arsjad Rasjid mengungkapkan seluruh negara anggota Asean berpotensi menjadi pusat stabilitas dan ekonomi dunia pada 2045. 

4. Iriana Jokowi Jamu para Istri Kepala Negara

Hal menarik lainnya dalam perhelatan ini adalah saat Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggelar jamuan minum teh bersama para pendamping pemimpin Asean di lantai 2 Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Rabu (10/5/2023).

Dalam jamuan tersebut, Iriana  menjelaskan bahwa Labuan Bajo merupakan pintu menuju Pulau Komodo, yang merupakan habitat binatang asli Indonesia, komodo.

Selain memperkenalkan komodo, Iriana juga memperkenalkan Puncak Waringin sebagai tempat pelaksanaan program pendamping KTT ke-42 Asean yang akan dijadikan sebagai creative hub bagi para pelaku ekonomi kreatif di NTT.

"Tempat ini akan dikembangkan sebagai creative hub, pusat kegiatan ekonomi kreatif berbasis budaya," ucapnya.

Round Up: 6 Kejadian di Hari Pertama KTT Asean 2023 Labuan Bajo

5. Jokowi dan Kepala Negara Naik Kapal Phinisi

Jokowi bersama dengan kepala negara lainnya menikmati suasana matahari tenggelam alias sunset dari atas kapal phinisi di perairan Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT Rabu sore (10/5/2023).

Kegiatan ini dilakukan usai para kepala negara melaksanakan lima rangkaian sidang pleno dan pertemuan hari pertama KTT ke-42 2023. 

Jokowi bersama Ibu Negara duduk di kursi tengah geladak yang bersinggungan dengan tiang utama layar kapal pinisi, sedangkan duduk mengitari meja seirama arah jarum jam adalah Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim bersama pendamping, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. bersama pendamping, PM Singapura Lee Hsien Loong bersama pendamping, serta PM Timor Leste Taur Matan Ruak bersama pendamping.

Terlihat juga Deputi PM sekaligus Menteri Luar Negeri Thailand Don Don Pramudwinai, PM Laos Sonexay Siphandone bersama pendamping, Sultan Hasanal Bolkiah bersama Pangeran Abdul Mateen, PM Vietnam Pham Minh Chinh, dan PM Kamboja Hun Sen yang tepat bersebelahan dengan Presiden Jokowi melengkapi konfigurasi lingkaran.

6. Jamuan Makan Malam Megah di Hotel Ayana 

Hari pertama KTT ke-42 Asean ditutup dengan agenda Welcoming Dinner 42nd Asean Summit Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Ayana Komodo Waecicu Beach, Labuan Bajo, NTT.

“Silahkan nikmati makan malam, nikmati Labuan Bajo, dan nikmati pertunjukkannya,” ujar Jokowi.

Sebagai informasi, sesi makan malam ini dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi Tanah Air, sebut saja grup musik GAC, Maysha Jhuan.

Lalu, dilanjutkan oleh penampilan gitaris Nathania Jualim, James Adam and Fivein, serta trio rapper cilik asal Soe, NTT, RDP Generation SOI yang terdiri dari Aldo, Revan, dan Carlos. Juga hadir, Andmesh Kamaleng dan Dian Sorowea, hingga RAN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper