Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Klaim Rebut 4 Kota di Bakhmut, Hancurkan Peluncur Roket, dan Lenyapkan Ratusan Tentara Ukraina

Tim penyerang Rusia merebut empat daerah di Bakhmut, menghancurkan senjata buatan Jerman dan melenyapkan ratusan tentara Ukraina.
Asap terlihat dalam rekaman drone Bakhmut di tengah serangan Rusia ke Ukraina, dalam tangkapan layar dari video selebaran yang dirilis pada 15 April 2023. Adam Tactic Group/Handout via REUTERS.
Asap terlihat dalam rekaman drone Bakhmut di tengah serangan Rusia ke Ukraina, dalam tangkapan layar dari video selebaran yang dirilis pada 15 April 2023. Adam Tactic Group/Handout via REUTERS.

Bisnis.com, JAKARTA - Tim penyerang Rusia merebut empat daerah perkotaan di Artyomovsk atau yang juga dikenal Bakhmut. Selain itu, tim juga menghancurkan senjata Ukraina buatan Jerman,  peluncur roket, dan melenyapkan ratusan tentara Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Letnan Jenderal Igor Konashenkov melaporkan pada hari Kamis (17/4/2023) seperti dilansir TASS, Jumat (28/4/2023).

Menurut dia, pasukan terjun payung mendukung perebutan kota itu serta melumpuhkan pasukan musuh di pinggiran kota selama beberapa hari terakhir dalam operasi militer khusus di Ukraina.

“Di arah Donetsk, tim penyerang merebut empat area di bagian Barat Laut, Barat, dan Barat Daya Kota Artyomovsk. Unit Pasukan Lintas Udara melumpuhkan musuh di pinggiran utara dan selatan kota dan memberikan dukungan untuk operasi tim penyerang, " kata juru bicara itu.

Dikatakan, pesawat dan artileri dari kelompok tempur Rusia Selatan menyerang unit tentara Ukraina di daerah dekat pemukiman Stupochki, Chasov Yar dan Kalinina.

“Pesawat menerbangkan empat sorti dan artileri kelompok tempur mencapai 59 sasaran tembak di area itu dalam 24 jam terakhir,” lapor Konashenkov.

Berikut rangkuman penyerangan pasukan Rusia terhadap Ukraina:

1.Pasukan Rusia melenyapkan 110 tentara Ukraina di daerah Kupyansk
Pasukan Rusia menghancurkan sekitar 110 tentara Ukraina di daerah Kupyansk selama beberapa hari terakhir, katanya.

"Dalam arah Kupyansk, penerbangan operasional/taktis dan angkatan darat dan artileri dari kelompok tempur barat menyerang unit musuh di dekat pemukiman Dvurechnaya, Figolevka, Yagodnoye, Pershotravnevoye dan Tabayevka di Wilayah Kharkov.

Sebanyak 110 personel Ukraina, dua kendaraan tempur lapis baja, tiga kendaraan bermotor, dan peluncur roket ganda Grad dihancurkan ke arah itu dalam 24 jam terakhir," kata jenderal itu.

2. Pasukan Rusia menetralisir empat kelompok subversif Ukraina di daerah Kupyansk
Pasukan Rusia menetralisir empat kelompok subversif Ukraina di Republik Rakyat Lugansk dan Wilayah Kharkov ke arah Kupyansk selama beberapa hari terakhir, Konashenkov melaporkan.

"Di daerah dekat permukiman Novosyolovskoye di Republik Rakyat Lugansk, Olshana dan Krakhmalnoye di Wilayah Kharkov, aktivitas empat kelompok subversif/pengintaian Ukraina digagalkan," kata juru bicara itu.

3. Pasukan Rusia melenyapkan lebih dari 70 tentara Ukraina di wilayah Krasny Liman

Pasukan Rusia menghancurkan lebih dari 70 tentara Ukraina dan senjata artileri bermotor Gvozdika di daerah Krasny Liman selama beberapa hari terakhir, lapor Konashenkov.

"Di arah Krasny Liman, pesawat serang dan artileri dari Battlegroup Center menyerang unit tentara Ukraina di dekat pemukiman Torskoye di Republik Rakyat Donetsk, Chervonopopovka dan Chervonaya Dibrova di Republik Rakyat Lugansk," ujarnya.

Serangan itu melenyapkan lebih dari 70 personel Ukraina, sebuah kendaraan tempur lapis baja, dua kendaraan bermotor, howitzer D-30 dan sistem artileri bermotor Gvozdika, kata jenderal tersebut.

4. Pasukan Rusia menghancurkan lebih dari 400 tentara Ukraina, tentara bayaran di muka Donetsk

Pasukan Rusia menghancurkan lebih dari 400 tentara Ukraina dan tentara bayaran di muka mereka di daerah Donetsk selama beberapa hari terakhir, Konashenkov melaporkan.

"Lebih dari 400 personel dan tentara bayaran Ukraina, dua kendaraan tempur infanteri, enam kendaraan tempur lapis baja, empat kendaraan bermotor, howitzer D-20 dan D-30 serta senjata artileri bermotor Gvozdika dihancurkan," kata juru bicara itu.

Di dekat pemukiman Novgorodskoye di Republik Rakyat Donetsk, pasukan Rusia menghancurkan radar kontra-baterai AN/TPQ-50 milik tentara Ukraina, kata sang jenderal.

5. Pasukan Rusia menghancurkan 60 tentara Ukraina di selatan Donetsk, daerah Zaporozhye

Pasukan Rusia menghancurkan sekitar 60 tentara Ukraina dan sistem artileri M777 buatan AS di daerah Donetsk dan Zaporozhye selatan selama beberapa hari terakhir, Konashenkov melaporkan.

Di arah Donetsk dan Zaporozhye selatan, pesawat penerbangan operasional/taktis dan militer serta artileri dari battlegroup East menyerang unit tentara Ukraina di daerah dekat permukiman Ugledar, Nikolskoye, dan Novomikhailovka di Republik Rakyat Donetsk, kata juru bicara itu.

“Kerugian musuh di arah itu dalam 24 jam terakhir berjumlah 60 personel Ukraina, pengangkut personel lapis baja, peluncur rudal anti-pesawat Tor-M1, tiga kendaraan bermotor dan sistem artileri M777 buatan AS,” kata jenderal itu.

6. Pasukan Rusia menghancurkan 30 tentara Ukraina, senjata anti-pesawat Jerman di daerah Kherson

Pasukan Rusia menghancurkan sekitar 30 tentara Ukraina, empat peluncur rudal permukaan-ke-udara S-300 dan senjata anti-pesawat self-propelled Gepard buatan Jerman di daerah Kherson selama beberapa hari terakhir, Konashenkov melaporkan.

"Di arah Kherson, sebanyak 30 personel Ukraina, empat peluncur rudal permukaan-ke-udara S-300 Ukraina, senjata anti-pesawat bermotor Gepard buatan Jerman, dua kendaraan bermotor dan dua howitzer D-30 dihancurkan sebagai sebuah akibat tembakan artileri," kata juru bicara itu.

7. Serangan presisi Rusia menggagalkan gerak maju cadangan Kiev ke area pertempuran

Pasukan Rusia melakukan serangan dengan senjata presisi terhadap lokasi penyebaran cadangan tentara Ukraina selama beberapa hari terakhir, lapor Konashenkov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper