Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Pastikan Ingin Bentuk Koalisi Besar

PDIP memastikan pihaknya berniat membentuk koalisi besar seperti wacana yang berkembang belakangan.
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah dari Fraksi PDIP./Dok. DPR
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah dari Fraksi PDIP./Dok. DPR

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah memastikan pihaknya memang berniat ingin membentuk koalisi besar, seperti wacana yang berkembang belakangan.

Said menjelaskan, sejak awal tahapan Pemilu 2024 dimulai, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah menugaskan Puan Maharani untuk bersilaturahmi ke para ketua umum partai politik (parpol).

"PDIP mimpinya sejak awal ketika Mbak Puan melakukan silaturahim politik ke berbagai ketua umum, itu sesungguhnya akan bikin kerja sama politik," ungkap Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/3/2023).

Meski begitu, dia tak mau menggunakan istilah 'koalisi besar'. Said lebih memilih menggunakan istilah 'kerja sama akbar parpol'.

"Seharusnya yang pas kerja sama politik besar, kerja sama akbar parpol, dan itu memang gagasan awal dari kami oleh PDIP, dan itu dilakukan oleh Mbak Puan ketika melakukan silaturahim ke Pak Prabowo, Airlangga, ke Pak Muhaimin Iskandar [pada tahun lalu]. Kan akan dilakukan terus-menerus," jelas Ketua Badan Anggaran DPR itu.

Said mengatakan, untuk membentuk koalisi besar atau kerja sama akbar parpol itu, PDIP belum akan menyodorkan syarat-syarat tertentu. Dia menepis kabar bahwa PDIP akan mensyaratkan kadernya untuk jadi calon presiden (capres).

PDIP terlebih dahulu ingin menyamakan pendapat ke berbagai parpol terkait Indonesia ke depan, sebelumnya berbicara mengenai capres atau calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung bersama.

"Enggak ada syarat-syaratan. Duduk dulu lah. Bangsa ini mau ke mana ke depan, karena seakan-akan PDIP sombong karena belum apa-apa bicara syarat. Kami tidak seperti itu. Duduk saja dulu, lima tahun ke depan mau seperti apa, ayo yang sudah baik dilakukan oleh Bapak Presiden Jokowi kita lanjutkan," ucap Said.

Bahkan, lanjutnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas sudah menyatakan ingin kembali menemui Puan.

"Ketika Pak Prabowo acara di Angkatan Udara bertemu Mbak Puan, Pak Prabowo ingin bertemu PDIP. Pak Zul yang saya baca statement-nya [pernyataannya] sama, ingin bertemu PDIP," ujar Said.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper