Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai Parpol Beri Dukungan, Prabowo Diklaim Figur Terbaik Penerus Jokowi

Gegara banyak parpol yang berkunjung, Prabowo dinilai sebagai figur terbaik penerus Jokowi.
Ramai parpol dukung Prabowo Subianto. Bisa Teruskan program Jokowi?
Ramai parpol dukung Prabowo Subianto. Bisa Teruskan program Jokowi?

Bisnis.com, JAKARTA – Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai kunjungan banyak partai politik (parpol) ke kediaman Prabowo Subianto sepekan ini menandakan bahwa ketua umum (ketum) Partai Gerindra itu dinilai sebagai sosok penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) paling tepat.

Sebagai informasi, Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengunjungi Prabowo pada Rabu (5/4/2023). Kemudian, Prabowo dikunjungi Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra pada Kamis (6/4/2023).

Terakhir, dia dikunjungi Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkufli Hasan pada Sabtu (8/4/2023).

“Kunjungan dari Partai Perindo, PBB, dan PAN menemui Prabowo dalam beberapa hari terakhir ini secara tidak langsung menunjukkan sosok Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden sangat diperhitungkan,” ujar Bawono kepada Bisnis, Minggu (9/4/2023).

Dia menjelaskan, dalam survei Indikator Politik Indonesia beberapa bulan terakhir memang menunjukkan tren positif elektabilitas Prabowo, terutama jika dibandingkan dua calon presiden (capres) paling potensial lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Pada survei Maret 2023, elektabilitas Ganjar cenderung stagnan meski masih jadi yang tertinggi. Sementara elektabilitas Anies mengalami penurunan.

“Sedangkan tingkat elektabilitas Prabowo Subianto mengalami tren peningkatan hampir tiga persen,” jelasnya.

Selain elektabilitas, Prabowo kini juga dipandang sebagai sosok capres paling tepat untuk melanjutkan program serta kebijakan Jokowi. Bawono menilai Prabowo sudah menunjukkan dedikasi tinggi selama menjadi menteri pertahanan untuk Jokowi.

Bahkan, Jokowi secara tak langsung juga menyatakan dukungannya ke Prabowo dengan kerap mengajak sekaligus mempromosikannya saat melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah.

“Karena itu tidak mengherankan apabila secara perlahan-lahan Prabowo mulai berhasil menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden Joko Widodo pada dua pemilu terdahulu sebagaimana terkonfirmasi di temuan survei Indikator Politik Indonesia terbaru,” ungkap Bawono.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan ketiga partai telah menyatakan kesiapan bergabung dengan koalisi Partai Gerindra-PKB.

Nantinya, koalisi tersebut akan diberi nama Koalisi Kebangsaan. Adapun tiga partai yang menyatakan dukungan kepada Prabowo yaitu PAN, PBB, dan Perindo.

"Tadi barusan saudara kita dari PAN, kemarin saudara kita dari Partai Bulan Bintang, lalu kemarin saudara kita dari Perindo sudah datang untuk menyatakan bahwa visi-misi yang sama dengan Partai Gerindra dan mendukung Pak Prabowo sebagai calon presiden," kata Dasco, Sabtu (8/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper