Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Rusia Vs Ukraina: Avdiivka Hancur, Bakhmut Masih Membara

Angkatan Bersenjata Ukraina mengklaim menangkis 45 serangan Rusia selama 24 jam terakhir, ketika Bakhmut dan Avdiivka tetap menjadi pusat pertempuran pada Rabu
Seorang prajurit Ukraina duduk di atas kendaraan tempur infanteri (IFV) di tengah invasi Rusia ke Ukraina, dekat kota timur Bakhmut yang dibom di wilayah Donetsk timur, Ukraina, 2 April 2023. REUTERS/Violeta Santos Moura
Seorang prajurit Ukraina duduk di atas kendaraan tempur infanteri (IFV) di tengah invasi Rusia ke Ukraina, dekat kota timur Bakhmut yang dibom di wilayah Donetsk timur, Ukraina, 2 April 2023. REUTERS/Violeta Santos Moura

Bisnis.com, JAKARTA - Angkatan Bersenjata Ukraina mengklaim menangkis 45 serangan Rusia selama 24 jam terakhir, ketika Bakhmut dan Avdiivka tetap menjadi pusat pertempuran pada Rabu (5/4/2023).

Sementara itu, pesawat Ukraina melancarkan tujuh serangan terhadap pasukan Rusia dan dua pos komando.

Melansir Reuters, Rabu (5/4/2023), pendiri pasukan tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin, baru-baru ini mengklaim pasukannya telah merebut Bakhmut, sebuah kota pertambangan dan pusat logistik.

Ukraina telah berulang kali membantah bahwa Rusia menguasai kota itu, tapi mengakui bahwa Rusia telah mengambil alih setidaknya setengah dari Kota Bakhmut.

"Di sektor Bakhmut, tidak ada hentinya aksi musuh menyerbu Kota Bakhmut. Setidaknya 20 serangan musuh berhasil dipukul mundur di sini saja selama 24 jam terakhir," kata staf umum Ukraina dalam sebuah laporan di Facebook.

Pertempuran Bakhmut telah menjadi salah satu konflik paling berdarah dengan banyak korban.

Berikut rangkuman perang Rusia vs Ukraina:

1. Pejabat Ukraina menggambarkan Avdiivka, sebuah kota lebih jauh ke selatan, hancur oleh penembakan Rusia.

2. Ukraina menyambut baik aksesi Finlandia ke NATO, yang berbagi perbatasan sepanjang 1.300 km (810 mil) dengan Rusia setelah 13 bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina.
Rusia menyebut bergabungnya Finlandia ke NATO sebagai ekspansi agresif aliansi itu ke arah timur.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh rakyat Finlandia," kata Presiden Volodymyr Zelensky dalam pidato malamnya.

"Agresi Rusia dengan jelas membuktikan bahwa hanya jaminan kolektif, hanya jaminan preventif, yang dapat diandalkan."
Rusia pun menanggapi hal itu dengan ancaman "tindakan balasan".

3. Korban Berat di Bakhmut

Staf Umum Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah melakukan 28 serangan udara dalam 24 jam terakhir, termasuk 17 oleh drone, karena Rusia telah meluncurkan kendaraan udara tak berawak Shahed buatan Iran. Ukraina mengklaim telah menjatuhkan 14 dari drone itu.

4. Rusia menyebut invasinya ke Ukraina sebagai "operasi militer khusus" untuk menyingkirkan negara tetangga dari Nazi.

5. Rusia telah menghancurkan kota-kota Ukraina dan memaksa jutaan orang meninggalkan rumah mereka, dan mengklaim telah mencaplok hampir seperlima wilayah Ukraina.

6. Barat menyebut perang itu sebagai serangan tak beralasan untuk menaklukkan negara merdeka dan telah memberi Kyiv senjata sambil berusaha menghukum Rusia dengan sanksi.

7. Rusia menuduh Barat mencoba mendorong perpecahan antara Rusia dan China, dan berusaha merusak pertemuan puncak yang direncanakan Rusia dengan negara-negara Afrika.

8. Moskow juga menuduh intelijen Ukraina mengatur pembunuhan blogger pro-perang Vladlen Tatarsky dalam ledakan bom, yang dibantah oleh Ukraina.

Pada Selasa (3/4/2023) penyelidik Rusia menuntut warga St. Petersburg, Darya Trepova, 26, dengan pelanggaran teroris atas ledakan itu dan menahannya sebelum proses persidangan.

9. Washington meluncurkan US$2,6 miliar lebih dalam bantuan militer untuk pemerintah Zelensky pada Selasa (3/4/2023), termasuk tiga radar pengawasan udara, roket anti-tank dan truk bahan bakar.

Kedutaan Rusia di Washington bereaksi terhadap pengumuman tersebut dengan menuduh Amerika Serikat (AS) ingin memperpanjang konflik selama mungkin, kata kantor berita Rusia TASS.
AS telah menjanjikan bantuan keamanan senilai lebih dari US$35,2 miliar ke Ukraina sejak invasi 24 Februari 2022.

10. NATO menyambut Finlandia sebagai anggota ke-31 dalam upacara pengibaran bendera di markas besarnya di pinggiran Brussel pada Selasa (4/4/2023).

Invasi Rusia ke Ukraina mendorong Finlandia - setelah beberapa dekade non-blok strategis - untuk mencari keamanan di bawah payung pakta pertahanan kolektif NATO, yang menyatakan bahwa serangan terhadap satu anggota adalah serangan terhadap semua.

11. Rusia, yang telah menyaksikan gelombang perluasan NATO berturut-turut sejak Perang Dingin berakhir tiga dekade lalu, mengatakan akan memperkuat kapasitas militernya di wilayah barat dan barat laut sebagai tanggapan atas aksesi Finlandia.

12. Secara terpisah, Kremlin mengatakan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko akan melakukan perjalanan ke Moskow pada Rabu (5/4/2023) untuk pembicaraan dua hari dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper