Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KSP Pastikan Tol Solo-Yogyakarta Siap untuk Arus Mudik dan Lebaran 2023

KSP memastikan bahwa jalan Tol Solo-Yogyakarta siap difungsikan untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri 2023. 
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo Seksi 1, Senin (27/2/2023). JIBI/Annasa Rizki Kamalina
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo Seksi 1, Senin (27/2/2023). JIBI/Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan bahwa jalan Tol Solo-Yogyakarta siap difungsikan untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri 2023. 

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Nelson Siagian menyampaikan ini usai memimpin rapat koordinasi perkembangan pembangunan PSN Jalan Tol Solo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Bawen di Yogyakarta, Kamis (16/3/2023). 

"Secara fungsional jalan tol Solo-Yogya sepanjang enam kilometer siap untuk arus mudik dan balik lebaran," katanya lewat rilisnya, Kamis (16/3/2023). 

Lebih lanjut, dia memastikan, pembangunan PSN Jalan Tol Solo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Bawen telah berjalan sesuai target. Adapun, untuk jalan tol Yogyakarta-Bawen sendiri, disebutnya bahwa saat ini fokus menyelesaikan pekerjaan pada seksi 1, yakni Yogyakarta-Banyurejo, dan akan segera memulai konstruksi (groundbreaking) pada seksi 6, yaitu Ambarawa-Bawen. 

"Pembangunan berjalan simultan dari dua sisi sekaligus," ujarnya. 

Helson melanjutkan bahwa pada rapat koordinasi, PT Jasa Marga Jogja Bawen melaporkan bahwa pengadaan tanah pada seksi 1 (Yogyakarta-Banyurejo) telah mencapai 64 persen. Sedangkan untuk pekerjaan fisik mencapai 29 persen. 

Sementara pada seksi 6 (Ambarawa-Bawen), lanjut Helson, kontraktor sedang melakukan persiapan konstruksi yang rencananya akan dimulai setelah Lebaran.

"Kami sangat optimistis pembangunan PSN Jalan Tol Solo - Yogyakarta dan Yogyakarta - Bawen selesai sesuai target," tegasnya. 

Helson juga meyakini keberadaan dua ruas jalan tol di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut akan semakin menggerakkan roda perekonomian dan aktivitas pariwisata di segitiga emas, yaitu Yogyakarta- Solo- Semarang (Joglosemar). Terlebih wilayah tersebut merupakan sentra ekonomi kerakyatan dan daerah tujuan wisata utama di Indonesia. 

Sekadae informasi, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo sepanjang 96,57 km terdiri dari tiga seksi. Yaitu seksi 1 Kartosura-Purwomartani, seksi 2 Purwomartani-Gamping, dan seksi 3 Gamping-Purworejo yang juga akan tersambung ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo. Ruas ini dikelola oleh PT Jogjasolo Marga Makmur selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). 

Adapun Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76, 3 km terdiri dari enam seksi. Yakni, seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo, seksi 2 Banyurejo-Borobudur, seksi 3 Borobudur-Magelang, seksi 4 Magelang-Temanggung, seksi 5 Temanggung-Ambarawa, dan seksi 6 Ambarawa-Bawen, dengan pengelolaan di bawah BUJT PT Jasa Marga Jogja Bawen.

Nantinya, Jalan Tol Solo-Yogyakarta maupun Yogyakarta-Bawen akan terhubung dengan jaringan Jalan Tol Trans Jawa di Kartasura dan Bawen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper