Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Membuat CV di HP dan Laptop yang Benar, Agar Dilirik HRD

Berikut ini tips dan cara membuat cv yang perlu kamu ketahui agar bisa lolos interview.
Cara membuat CV di HP dan laptop yang benar, supaya dilirik HRD
Cara membuat CV di HP dan laptop yang benar, supaya dilirik HRD

Bisnis.com, JAKARTA - Cara membuat CV yang baik dan benar menjadi pengetahuan dasar sebelum melamar pekerjaan. Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen yang digunakan pelamar kerja untuk menunjukkan prestasi akademik dan profesional mereka. 

Cara membuat CV bisa kamu lakukan dengan menggunakan laptop atau HP. Bahkan cara membuat CV yang baik dan benar juga bisa kamu lakukan secara online ataupun offline. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, cara membuat CV menjadi lebih mudah. Meskipun begitu, kamu juga harus mengetahui format CV yang wajib dicantumkan agar CV dilirik oleh HRD.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat CV yang baik dan benar yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Isi format CV yang wajib kamu tulis

  • Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi dan email.
  • Riwayat Pendidikan yang mencakup almamater dan gelar.
  • Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan juga pengalaman organisasi , sukarelawan ataupun magang.
  • Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

2. Cara membuat CV yang baik dan benar

  • Buat CV singkat, padat dan jelas
    Usahakan kamu membuat CV seringkas mungkin, jangan sampai lebih dari 2 halaman. Masukkan data-data pribadi dengan jelas dan singkat di setiap kolomnya. Jika ingin memasukkan deskripsi diri, usahakan tonjolkan kelebihan kamu agar tidak terlalu Panjang lebar. 
  • Cantumkan pengalaman yang relevan 
    Pastikan pengalaman tersebut memiliki relevansi yang tinggi terhadap posisi yang kamu lamar. Contohnya seperti jika kamu ingin melamar bagian desain grafis, di perusahaan sebelumnya kamu pernah menjalani proyek desain untuk membuat logo perusahaan. Pengalaman tersebut bisa kamu masukkan ke dalam CV agar mendapat nilai plus dari recruiter. 
  • Gunakan kata-kata yang memiliki power
    Pastikan kata-kata yang kamu pilih memiliki power atau kekuatan. Karena, kata-kata yang dipilih dalam CV bisa berpengaruh kepada penilaian recruiter.
  • Cek tata bahasa
    Bahasa apa pun yang kamu pilih, pastikan bahwa CV kamu bebas dari typo dan kesalahan grammar. Untuk mengantisipasi kesalahan grammar, typo dan lain-lain kamu bisa membaca ulang perlahan atau meminta bantuan teman kamu. 
  • Gunakan font profesional 
    Cara ini mungkin terdengar sepele, tetapi dalam pembuatan CV pastikan font yang digunakan terlihat profesional, bukan font yang sembarangan yang sulit dibaca. Pada dasarnya, font yang sering digunakan dalam membuat CV adalah Times New Roman, Arial dan Calibri. 
  • Cantumkan kontak yang aktif 
    Kontak dalam CV penting bagi rekruter untuk menghubungi kandidat jika lolos ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan kamu mencantumkan nomor HP yang aktif begitu juga dengan alamat email. 
  • Gunakan keyword yang relevan 
    Selain mencantumkan keyword yang relevan, cara lain untuk membuat CV adalah memasukkan keyword yang relevan dengan posisi yang dilamar. Contohnya seperti jika kamu melamar posisi CEO Specialist, mungkin kamu bisa memasukkan keyword seperti SEO, SEM, Content Writer, dan yang lainnya. 

3. Cara membuat CV di HP

  • Menggunakan Aplikasi:
    Unduh aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Google Docs yang tersedia di playstore. Gunakan fitur template yang disediakan oleh aplikasi tersebut untuk membuat CV. Kemudian sesuaikan dengan kebutuhan untuk posisi yang dilamar. 
  • Aplikasi Khusus CV:
    Cari aplikasi khusus pembuat CV di toko aplikasi ponsel, seperti CV Engineer, Resume Builder, atau Canva. Aplikasi ini menyediakan template yang sudah dirancang khusus untuk pembuatan CV.
  • Menggunakan Platform Online:
    Buka browser ponsel dan gunakan platform online seperti LinkedIn, Indeed, atau JobStreet. Pilih opsi untuk membuat atau mengunggah CV di profil Anda. Beberapa platform ini juga menyediakan alat pengeditan CV secara langsung di aplikasi seluler.
  • Menggunakan Aplikasi WPS Office
    Setelah masuk di halaman utama, klik bagian simbol (+) yang ada di kanan bawah layar. Pilih “Doc”, kamu bisa memilih dengan scroll kebawah pada bagian “Resume”. Klik lainnya jika kamu ingin tahu template lain.  Pilih mana yang kamu inginkan untuk membuat CV. Setelah memilih template, masukkan data diri kamu mulai dari Pendidikan, keahlian, pengalaman kerja dan sebagainya.
    Jika pada template tersebut ada pembahasan yang tidak ingin dicantumkan, kamu bisa menghapus kolom tulisan tersebut. Lalu, kamu juga bisa memasukkan pas foto kamu. Setelah data diri kamu sudah lengkap dan benar, kamu bisa menyimpan dokumen CV  dengan format PDF. 

4. Cara membuat CV di Laptop

  • Menggunakan Adobe Photoshop: Jika Anda memiliki keterampilan desain yang baik, Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop untuk membuat CV. Buat desain CV Anda dari awal dengan memanfaatkan berbagai fitur dan alat desain yang disediakan oleh Photoshop.
  • Menggunakan Adobe Illustrator: Sama seperti Photoshop, Adobe Illustrator juga merupakan aplikasi desain grafis yang kuat. Anda dapat membuat CV dengan desain kreatif dan unik menggunakan Illustrator, dengan memanfaatkan berbagai alat desain vektor yang tersedia.
  • Menggunakan Aplikasi Pengolah Presentasi: Beberapa aplikasi presentasi seperti Microsoft PowerPoint atau Google Slides juga dapat digunakan untuk membuat CV. Anda dapat membuat slide presentasi yang berisi informasi CV Anda dengan tata letak dan desain yang menarik.
  • Menggunakan Situs Web Pembuat CV Online: Ada beberapa situs web yang memungkinkan Anda untuk membuat CV langsung secara online, seperti Zety, Resume.com, atau Canva. Anda dapat mengakses situs web tersebut melalui browser di laptop Anda dan membuat CV dengan memilih template yang diinginkan.
  • Menggunakan Template dari Situs Web Terpercaya: Ada banyak situs web yang menyediakan template CV gratis yang dapat diunduh. Anda dapat mencari template CV di situs-situs seperti Freepik, Template.net, atau Behance. Setelah mengunduh template, Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi pengolah kata atau desain grafis yang ada di laptop Anda.

Itulah beberapa cara membuat CV di HP dan Laptop yang menarik. Dengan berbagai opsi yang tersedia baik untuk pengguna HP maupun laptop, semakin mudah bagi setiap individu untuk membuat CV yang menarik dan profesional.

Penting untuk memilih format dan tata letak yang sesuai dengan profesi dan industri yang dituju, serta memastikan informasi yang disertakan relevan dan jelas. Dengan perhatian terhadap detail dan penggunaan bahasa yang tepat, CV yang dibuat dengan baik dapat menjadi kunci untuk menarik perhatian perekrut dan membuka pintu menuju kesempatan karier yang diidamkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper