Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Retno akan Kunjungi Tokyo, Berikut Agendanya

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan mengunjungi Tokyo Jepang dalam rangka menghadiri 8th Indonesia-Japan Ministerial Level Strategic Dialogue.
Menlu Retno Marsudi/Kemlu
Menlu Retno Marsudi/Kemlu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan mengunjungi Tokyo Jepang dalam rangka menghadiri 8th Indonesia-Japan Ministerial Level Strategic Dialogue, pada 6 Maret 2023. 

Strategic Dialogue kali ini bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik RI-Jepang, dan 50 tahun kemitraan Asean-Jepang. 

Pertemuan Menlu Retno dengan Menlu Jepang, Hayashi Yoshimasa akan membahas tentang penguatan kerja sama bilateral. Selain itu, akan membahas bidang perdagangan dan investasi, infrastruktur, transisi energi, ketenagakerjaan, serta kelautan dan perikanan. 

Keduanya juga akan mengangkat pembahasan mengenai isu-isu regional dan global, termasuk kemitraan Asean-Jepang dan implementasi konkret dari Asean Outlook on the Indo-Pacific.

Selama berada di Jepang, Retno juga dijadwalkan bertemu dan melakukan diskusi dengan beberapa tokoh setempat mengenai Keketuaan Indonesia di Asean dan peningkatan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik. 

Jepang merupakan mitra dagang ke-3 terbesar dan sumber investasi ke-4 terbesar di Indonesia pada tahun 2022.

Terdapat peningkatan nilai perdagangan bilateral dengan Jepang dari tahun sebelumnya sebesar 29 persen, dengan total mencapai US$42 miliar atau setara Rp641 triliun. Sedangkan, investasi Jepang di Indonesia mencapai US$3,56 miliar atau setara Rp54,3 triliun pada tahun lalu. 

Diketahui, Strategic Dialogue ke-7 diselenggarakan terakhir di Jakarta pada 10 Januari 2020 bersama dengan Menlu Jepang sebelumnya, Motegi Toshimitsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper