Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasib Keanggotaan Indonesia di FATF Ditentukan Pekan Depan

Indonesia telah memasuki tahap akhir proses Mutual Evaluation Review (MER) untuk menentukan keanggotaanhya di FATF.
PPATK/Ilustrasi
PPATK/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Nasib penilaian keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Force on Money Laundering atau FATF akan ditentukan menjelang akhir Februari 2023.

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana memaparkan bahwa Indonesia telah memasuki tahap akhir proses Mutual Evaluation Review (MER).

Ini merupakan tahapan politis untuk menentukan posisi Indonesia masuk dalam keanggotaan FATF atau tidak.

Ivan menuturkan lembaga intelijen keuangan itu  bersama-sama dengan Kementerian dan Lembaga terkait melaksanakan penggalangan dukungan ke negara-negara anggota FATF.

“Mari kita bersinergi, bahu membahu dalam mensukseskan upaya Indonesia menjadi anggota penuh FATF. Rencananya, FATF Plennary akan dilaksanakan pada tanggal 20-24 Februari 2023 di Paris.” Ungkap Ivan dilansir dari laman resmi PPATK, Sabtu (18/2/2023).

Sekadar catatan, Indonesia merupakan satu-satunya negara anggota G20 yang belum masuk menjadi anggota FATF. Proses Indonesia untuk menjadi anggota FATF telah berlangsung lama. Namun rencana itu sempat terhenti karena pandemi.   

Sementara itu, Ketua Komite TPPU Mahfud MD  menyampaikan agar seluruh anggota Komite TPPU memiliki komitmen tinggi dalam menindaklanjuti hal-hal yang menjadi kewajiban paska pelaksanaan FATF Plennary mendatang.

Mahfud MD membuka menyampaikan keanggotaan Indonesia dalam FATF sangat penting karena dapat meningkatkan kepatuhan Rezim Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme dan Pencegahan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal di Indonesia.

”Tentunya ini akan berdampak pada penguatan integritas sistem keuangan di Indonesia serta meningkatkan kepercayaan dunia internasional” lanjut Mahfud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper