Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyebab Parahnya Gempa Bumi di Turki dan Suriah, Ini Penjelasannya

Turki dan beberapa negara sekitarnya baru saja diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,9 dan disusul dengan beberapa gempa besar lainnya.
Para wanita di dekat puing-puing setelah gempa bumi di Hatay, Turki, 7 Februari 2023. REUTERS/Umit Bektas
Para wanita di dekat puing-puing setelah gempa bumi di Hatay, Turki, 7 Februari 2023. REUTERS/Umit Bektas

Bisnis.com, JAKARTA - Turki dan beberapa negara sekitarnya baru saja diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,9 dan disusul dengan beberapa gempa besar lainnya. Ahli seismologi menilai guncangan tersebut menjadi yang paling dahsyat dan mematikan dalam dekade ini.

Gempa ini merupakan bencara terkuat dalam seabad bagi negara itu. Geologi Amerika Serikat (USGS) mengungkap gempa bumi itu terjadi pada pukul 04.17 waktu setempat (01:17 GMT) pada kedalaman sekitar 17,9 km (11 mil).

Otoritas Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan bahwa gempa itu terjadi di dekat Kota Kahramanmaras dan Gaziantep, dekat perbatasan Suriah yang berlangsung sekitar semenit.

Lantas apa yang sedang terjadi di bawah permukaan bumi sehingga gempa bumi di wilayah tersebut terus terjadi?

Dilansir dari Reuters pada Selasa (7/2/2023), Pusat gempa berada di sekitar 26 kilometer (km) sebelah timur kota Nurdagi, Turki, pada kedalaman sekitar 18 km di Patahan Anatolia Timur. Guncangan yang begitu kuat membuat gempa menjalar ke arah timur laut, membawa kehancuran ke Turki tengah dan Suriah.

Selama abad ke-20, Patahan Anatolia Timur hanya mengalami sedikit aktivitas seismik yang besar. Maka, menurut peneliti di British Geological Survey Roger Musson mengatakan tidak bisa hanya berpatokan pada gempa bumi besar yang terekam seismometer, karena terlihat tak terjadi apa-apa.

Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menunjukan hanya ada tiga gempa yang tercatat di atas 6,0 skala richter (SR) sejak tahun 1970 di daerah tersebut. Namun, pada 1822, gempa berkekuatan 7,0 skala richter menghantam wilayah tersebut hingga menewaskan sekitar 20.000 orang.

Apa yang menyebabkan gempa Turki-Suriah begitu parah?

Patahan Anatolia Timur adalah patahan geser (strike-slip fault). Pada bagian patahan ini, lempeng batuan padat saling mendorong satu sama lain di sepanjang garis sesar vertikal, membangun tekanan hingga akhirnya tergelincir dalam gerakan horizontal, melepaskan sejumlah besar ketegangan yang memicu gempa bumi.

Patahan San Andreas di California mungkin merupakan patahan geser yang paling terkenal di dunia. Namun, para ilmuwan tetap memperingatkan bahwa gempa bumi dahsyat akan segera terjadi. Pecahnya patahan awal untuk gempa bumi Turki-Suriah dimulai pada kedalaman yang relatif dangkal.

"Guncangan di permukaan tanah akan lebih parah daripada gempa yang lebih dalam dengan kekuatan yang sama di sumbernya," kata ahli geologi planet di Universitas Terbuka di Inggris David Rothery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper