Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Protes Nol Covid, Polisi China Pakai Alat Canggih Lacak Pengunjuk Rasa

Polisi China mengerahkan alat canggih untuk melacak dan menahan pengunjuk rasa yang memprotes kebijakan Nol Covid-19.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  18:05 WIB
Protes Nol Covid, Polisi China Pakai Alat Canggih Lacak Pengunjuk Rasa
Orang-orang memegang lembaran kertas putih sebagai protes atas pembatasan Covid-19, setelah berjaga bagi para korban kebakaran di Urumqi, di Beijing, China, 27 November 2022. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi China menggunakan perangkat lunak canggih semacam detektor untuk mengendalikan gelombang kerusuhan nasional. Perangkat lunak ini mengenali wajah, data lokasi demi melacak dan menahan pengunjuk rasa.

Frustrasi atas pembatasan Covid-19 yang berkepanjangan telah memuncak, memicu protes yang menuntut diakhirinya penguncian dan kebebasan politik yang lebih besar pada skala yang tidak terlihat dalam beberapa dekade.

Ketika Beijing mengumumkan tindakan keras terhadap protes, aparat keamanan yang besar bersiap, menggunakan pengawasan canggih untuk melacak aktivis, menurut seorang pengacara hak asasi manusia (HAM) yang menawarkan nasihat hukum gratis kepada pengunjuk rasa.

"Di Beijing, Shanghai dan Guangzhou, polisi tampaknya menggunakan metode yang sangat canggih," kata Wang Shengsheng, seorang pengacara yang berbasis di kota Zhengzhou.

"Di kota-kota lain, sepertinya mereka mengandalkan rekaman pengawasan dan pengenalan wajah," katanya dilansir Channel News Asia, Kamis (1/12/2022).

Polisi Beijing mungkin telah menggunakan data lokasi, telepon, yang diambil dari pemindai di tempat atau kode kesehatan Covid-19 yang dipindai oleh orang-orang yang naik taksi ke daerah tempat protes terjadi, katanya.

“Banyak penelepon dari Beijing bingung mengapa mereka dihubungi oleh polisi ketika mereka benar-benar berjalan melewati lokasi protes dan tidak ambil bagian,” tambahnya.

"Kami tidak tahu bagaimana tepatnya mereka melakukan ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Covid-19 beijing
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top