Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebut Gas Air untuk Cegah Aksi Anarkis, Kapolda Jatim Nico Afinta Pernah Disorot Kasus Ferdy Sambo

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta kembali menjadi sorotan setelah mengatakan penembakan gas air mata dalam tragedi Kanjuruhan sudah sesuai prosedur.
Nico Afinta
Nico Afinta

Bisnis.com, SOLO - Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta tengah jadi sorotan setelah mengemukakan pendapatnya tentang tragedi Kanjuruhan.

Nico mengatakan jika penembakan gas air mata yang dilakukan oleh aparat pada laga Arema vs Persebaya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menghalau massa bertindak anarkis.

Tapi menurut aturan FIFA, gas air mata tidak lagi boleh digunakan di lapangan apapun yang terjadi. Sebab gas ini akan menimbulkan efek buruk bagi mereka yang terkena.

"Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak nafas, kekurangan oksigen," kata Nico.

Tentu saja pernyataan Irjen Nico Afinta tersebut mendapat respons yang kurang begitu baik dari netizen.

Apalagi, viral video di media sosial di mana polisi melemparkan gas air mata ke tribun yang penuh sesak dengan penonton. 

Irjen Nico Afinta pernah disorot kasus Ferdy Sambo

Irjen Nico Afinta bukan kali pertama mendapat sorotan publik, sebelumnya dia juga disorot karena diduga ada hubungan soal kasus Ferdy Sambo.

Melansir dari Tempo, Nico diduga terlibat setelah dia bertemu dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Kapolda Sumatera Utara Irjen R.Z. Panca Putra Simanjuntak.

Dalam pertemuan tersebut, ketiganya disebut bersekongkol dan berbagai tugas untuk menyebarkan "informasi palsu" soal pembunuhan Ferdy Sambo.

Nico membagi tugas dengan dua rekannya untuk menyebarkan informasi tembak-menembak dan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J.

“Nico dan Panca bertugas melobi para pejabat utama Polri, seperti Komisaris Jenderang Agung Budi Maryanto dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderas Agus Andianto," tulis Majalah Tempo pada Sabtu (3/9/2022). Ketiga petinggi tersebut akan diperiksa mengenai keterkaitannya dalam membantu Ferdy Sambo.

"Menurut seorang perwira, mereka meminta para seniornya itu tak terlalu ‘kecang’ mengusut kematian Yosua,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Tempo, Bisnis
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper