Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

China Geger! Xi Jinping Diduga Dikudeta dan Jadi Tahanan Rumah, Ini Sebabnya!

Presiden Xi Jinping dikabarkan tengah dikudeta dan jadi tahanan rumah, benarkah?
Hesti Puji Lestari
Hesti Puji Lestari - Bisnis.com 25 September 2022  |  13:14 WIB
Xi Jinping
Xi Jinping
Bagikan

Meskipun rumor santer beredar, namun ada beberapa alasan mengapa yang heboh itu hanya sebatas rumor.

Sebagian besar pakar China telah menyoroti bahwa hingga Minggu, 25 September 2022, tidak ada tanda-tanda kudeta yang datang kepada Presiden Xi Jinping.

Tentang alasan mengapa Xi Jinping tidak muncul ke publik, pakar China Aadil Brar mencatat bahwa Xi Jinping kemungkinan dikarantina setelah kembali dari KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO)

Brar juga membagikan data penerbangan yang menunjukkan tidak ada gangguan penerbangan. 

Dia lebih lanjut membagikan visual briefing publik oleh pejabat senior China. Dalam briefing tersebut menunjukkan bahwa pemerintah berfungsi normal.

Pendapat Aadil Brar ini didukung oleh opini jurnalis Zakka Jacob.

Zakka Jacob menyoroti bahwa Xi Jinping memiliki kekuasaan institusional yang kuat atas China yang membuat kudeta tidak mungkin terjadi.

Dan yang paling penting dari semua ini adalah rumor yang datang berasal dari akun Twitter abal-abal alias tidak centang biru. Hal ini membuat kebenaran berita harus dikaji lebih lanjut.

"Banyak desas-desus pagi ini tentang kudeta militer di China. Sejauh ini tidak ada (akun) yang kredibel. Kudeta militer tidak mungkin terjadi di China karena Tentara Pembebasan Rakyat berada di bawah Komisi Militer Pusat. Xi, sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis mengepalai CMC. Tentara adalah milik partai, bukan pemerintah," kata Jacob dalam tweet.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china xi jinping
Editor : Hesti Puji Lestari
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top