Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapan PPKM Dicabut? Ini Jawaban Kemenkes

Mohammad Syahril mengungkapkan pemerintah akan mencabut status PPKM jika WHO sudah mencabut status keadaan darurat masyarakat dari pandemi Covid-19.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 23 September 2022  |  18:20 WIB
Kapan PPKM Dicabut? Ini Jawaban Kemenkes
Kapan PPKM Dicabut? Ini Jawaban Kemenkes. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar - aww.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengungkapkan pemerintah akan mencabut status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mencabut status keadaan darurat masyarakat dari pandemi Covid-19.

“Apabila status kegawat darurat ini dicabut [oleh WHO], maka bisa juga dicabut PPKM-nya ini,” jelas Syahril dalam diskusi virtual Meet the Expert: Kapan Pandemi Berakhir?, Jumat (23/9/2022).

Pada pekan lalu, WHO telah menyampaikan kabar baik bahwa akhir pandemi sudah di depan mata. Meski begitu, Syahril menilai pernyataan WHO tidak serta merta diartikan sebagai pengumuman pandemi segera berakhir, melainkan harus diraih.

Oleh sebab itu, jelasnya, WHO menyarankan agar para lansia dan tenaga kesehatan harus divaksinasi 100 persen. Selain itu, testing dan sequencing juga harus digiatkan agar dapat mendeteksi varian baru.

Tak lupa, sistem kesehatan juga harus dipersiapkan agar dapat melakukan pencegahan, pengendalian, dan menghadapi lonjakan kasus.

Terakhir, lanjut Syahril, WHO juga menyarankan agar penyampaian informasi tentang pandemi harus jelas, bahwa setiap orang masih bisa tertular dan masih ada kemungkinan muncul varian baru.

"Tentu saja enam langkah dari WHO ini kita sudah lakukan semua. Contohnya, komunikasikan kepada masyarakat, vaksinasi. Keenam langkah ini kita lakukan bersama-sama agar parameter yang saya sampaikan tetap menurun atau terkendali," jelasnya.

Syahril menambahkan bahwa semua negara, termasuk Indonesia, sudah mempersiapkan untuk transisi dari pandemi ke endemi. Apalagi, lanjutnya, di Indonesia angka positif dan kematian perhari telah terkendali, bahkan positivy rate pada hampir 10 hari belakangan terus menurun.

Dia mengatakan, pada pekan depan Kemenkes akan mengabarkan informasi mengenai kesiapan Indonesia mengakhiri pandemi dan menuju endemi Covid-19.

"Di satu sisi kita bahagia karena terus menurun, di satu sisi kita harus mempertahankan agar segera mengakhiri pandemi. Insya Allah, minggu depan kita akan ketemu lagi untuk menyampaikan update maupun kesiapan Indonesia menghadapi endemi,” ungkap Syahril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 kemenkes PPKM
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top