Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emil Dardak Bicara Soal AHY Maju Pilpres 2024: Bukan Ambisi SBY!

Emil Dardak meminta masyarakat untuk tidak mengartikan majunya AHY dalam Pilpres 2024 sebagai ambisi ikuti jejak SBY.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 23 September 2022  |  05:00 WIB
Emil Dardak Bicara Soal AHY Maju Pilpres 2024: Bukan Ambisi SBY!
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dalam konferensi pers penyelenggaraan EAROPH (Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements) World Congress ke-28 di yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur. Bisnis - Afifah Rahmah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menegaskan bahwa majunya Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam kontestasi Pemilu 2024 bukan ambisi turun temurun dari sang Ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dia tak memungkiri, pada awalnya sebagian orang termasuk rekan-rekan di partainya mungkin menilai AHY hanya mengikuti tradisi untuk mengikuti jejak SBY. Namun, menurut Emil sosok AHY memang layak untuk dimajukan karena kualitas personal yang kuat.

"Jangan diartikan ini ambisi pribadi seorang anak mantan presiden supaya bisa nerusin bapaknya. Jadi, anak presiden itu sebenarnya kebetulan," kata Emil kepada wartawan di Kantor Badan Penghubung Pemprov Jawa Timur Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Emil bahkan mengungkap ada sisi kepribadian AHY yang tidak banyak orang ketahui, sehingga membuat AHY dinilai bukan orang sembarang dan bukan hanya anak seorang mantan presiden saja.

"Saya katakan, bayak sisi mas AHY yang tidak bisa ditangkap hanya dari layar kaca atau media sosial. Ini bukan orang sembarangan dan bukan karena anak presiden, tapi memang karena kualitasnya itu," jelasnya.

Namun, dia menyadari bahwa tidak mudah membuat banyak orang menyetujui gagasan tersebut dan akan terus mengaitkan posisi AHY sebagai anak mantan presiden RI. Untuk itu, Emil merasa partai perlu untuk memupuk kesabaran dan kreativitas dengan informasi yang menggambarkan kualitas AHY.

Beberapa sikap yang dipuja Emil dalam diri AHY yaitu jiwa prajurit yang masih tertanam, idealis, dan penerapan sikap leadership yang kuat.

"Jiwa prajuritnya, jangan dipikir bahwa karena dia resign dari tentara artinya dia gak patriotik. Justru saat ini negara butuh orang-orang idealis untuk berada di jalur politik," tegasnya.

Emil bahkan menyamakan AHY dengan sosok legendaris John F. Kennedy yang juga keluar militer untuk masuk ke jalur politik. Lebih lanjut, Emil juga mencontohkan sikap leadership AHY ketika menghadapi Kongres Luar Biasa (KLB)

"Itu keliatan bagaimana dia bisa punya mental kuat dalam menghadapi situasi dan jangan dipikir 'oh itu perjuangan bapaknya', yang kerja keras anaknya, Mas AHY. Saya saksinya dan saya lihat betul beliau punya kematangan di saat-saat yang paling sulit," ungkapnya.

Di sisi lain, Emil yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur juga mengatakan bahwa rekan-rekan dari akar rumput Demokrat wilayah Jatim mengapresiasi sosok Anies Baswedan dan melihat AHY dan Anies sebagai satu kombinasi yang baik.

"Sangat mengapresiasi dan memang bahwa itu salah satu kombinasi yang mendapat sambutan baik dari basisnya Demokrat," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai demokrat ahy
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top