Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia vs Ukraina: Berani Umumkan Mobilisasi Parsial, Kondisi Fisik Vladimir Putin jadi Sorotan

Vladimir Putin mengumumkan akan melakukan mobilisasi parsial pada Rabu, 21 September 2022. Tapi kondisi fisiknya justru jadi sorotan.
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters

Bisnis.com, SOLO - Kondisi fisik Vladimir Putin dikabarkan sedang tak 100% fit. Hal tersebut diketahui sebelum Presiden Rusia itu mengumumkan mobilisasi parsial pada Rabu, 21 September 2022, waktu setempat.

Sebelum melakukan siaran TV untuk mengumkan keputusan tersebut, Vladimir Putin dikabarkan mengalami batuk dan nyeri dada.

Bahkan, orang kepercayaan Putin memutuskan memanggil dokter dan mengakibatkan jadwal rekeman untuk siaran TV tersebut harus tertunda selama 13 jam.

Mengutip, saluran Telegram Jenderal SVR yang kabarnya dikelola oleh mantan letnan jenderal Dinas Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR), laporan itu mengklaim, "Beberapa upaya untuk mulai merekam banding gagal karena batuk."

“Putin berlama-lama pada saat rekaman dimulai. Ketika presiden keluar dan persiapan syuting dimulai, dia mulai sering batuk. Setelah upaya keempat yang gagal untuk merekam banding, dokter dipanggil ke presiden, yang juga dikeluhkan Putin karena nyeri dada," kata saluran itu.

Meski dalam kondisi tidak sepenuhnya fit, namun Vladimir Putin telah mengumkan tentang mobilisasi parsial yang disebut akan membwa dampak besar bagi semua sektor.

Bahkan menurut Mirror, keputusan Putin ini sempat ditolak oleh sejumlah petinggi Rusia lainnya sebab mereka malihat strategi ini sebagai eskalasi upaya Moskow di tengah invasi yang goyah.

"Jika integritas teritorial negara kami terancam, kami tanpa ragu akan menggunakan semua cara yang tersedia untuk melindungi Rusia dan rakyat kami, ini bukan gertakan," kata Vladimir Putin dalam pidato yang disiarkan televisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Apa itu mobilisasi parsial?
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper