Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Joe Biden Singgung XI Jinping dan G20 Bali, Ada Apa?

Joe Biden akan hadir di KTT 20 Bali jika Presiden China Xi Jinping hadir dalam pertemuan tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 07 September 2022  |  11:02 WIB
Joe Biden Singgung XI Jinping dan G20 Bali, Ada Apa?
Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping dalam satu kesempatan di Balai Agung Rakyat China di Beijing pada tahun 2011. - Antara\\r\\n\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden AS Joe Biden memastikan kalau dirinya akan “bertemu” Presiden China Xi Jinping jika pemimpin dunia itu juga menghadiri KTT G20 Bali November mendatang.

“Jika dia ada di sana, saya yakin saya akan menemuinya,” kata Biden ketika ditanya apakah dia akan bertemu dengan Xi pada pertemuan puncak tersebut seperti dikutip CNBC.com, Rabu (7/9/2022).

KTT, yang akan diadakan di Indonesia tahun ini, adalah pertemuan tahunan ekonomi terbesar dunia. Baik Xi dan Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk menghadiri konferensi tersebut, kata Presiden Joko Widodo dalam sebuah wawancara dengan mesia sebelumnya.

Xi belum pernah meninggalkan negara itu sejak Januari 2020 ketika pandemi Covid-19 mulai merebak ke seluruh dunia.

Biden dan Xi sebelumnya membahas pertemuan di G-20 melalui hubungan telepon pada 28 Juli. Percakapan itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan akibat perjalanan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan.

The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa pejabat China merencanakan pertemuan antara Xi dan Biden di Asia Tenggara pada bulan November.

Sebelumnya Presiden Rusa Vladimir Putin dan Presiden Tiongkok Xi Jinping juga dipastikan hadir di KTT G20 di Bali pada November mendatang. Kepastian itu ditegaskan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Akan tetapi Presiden AS Joe Biden belum mengeluarkan pernyataan. Seperti diketahui, hubungan AS dengan Rusia dan China belakangan ini sedang tegang. 

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang,” kata Jokowi.

Kehadiran dua pemimpin negara itu akan meningkatkan pertaruhan KTT, yang merupakan G20 pertama sejak invasi Rusia ke Ukraina dan meningkatnya ketegangan seputar masalah Taiwan. 

Sementara itu, Gedung Putih belum secara resmi mengumumkan Biden bakal menghadiri KTT terkait dengan kehadiran Putin dan Xi. Akan tetapi, para pejabat mengatakan Biden kemungkinan besar bakal hadir di Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Joe Biden xi jinping g20
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top