Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TGB Jadi Ketua Harian Perindo, Ini Profil Tuan Guru Bajang

Tuan Guru Bajang atau TGB kini menjadi Ketua Harian Perindo. Ini link acara pelantikannya melalui Youtube dan zoom.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 06 Agustus 2022  |  11:17 WIB
TGB Jadi Ketua Harian Perindo, Ini Profil Tuan Guru Bajang
Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis,com, JAKARTA – Partai Persatuan Indonesia atau Perindo, telah memilih Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi sebagai Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo.

Pelantikan TGB akan berlangsung pada Sabtu (6/8/2022) melalui aplikasi meeting, zoom dengan link bit.ly/PelantikanTGBKetuaHarianPartaiPerindo atau bisa dilihat melalui siaran langsung di RCTI+, Okezone, Sindonews, iNews.id pukul 14.00 WIB.

Lalu, bagaimana profil dari TGB Muhammad Zainul Majdi?

Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) lahir di Pancor, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 31 Mei 1972. Ia merupakan putra ketiga dari pasangan H.M. Djalaluddin dan Rauhun Zainuddin Abdul Madjid. 

TGB ini merupakan lulusan Fakultas Ushuluddin jurusan Tafsir dan Ilmu-ilmu Al-Qur’an dari Universitas Al-Azhar Kairo pada 1996 dengan raihan gelar Lc. Kemudian pada 2001 masih di Universitas yang sama, TGB berhasil meraih gelar Master of Art dengan predikat Jayyid Jiddan serta pada 2011 ia juga mendapat gelar Doktor di Universitas ini.

Pada 2008-2018, TGB menjabat sebagai Gubernur NTB dalam 2 periode, pada periode pertamanya 2008-2013 ia diusung oleh PKS dan PBB bersama Badrul Munir, sedangkan periode 2013-2018 TGB diajukan kembali menjadi Gubernur oleh Partai Demokrat bersama dengan Muhammad Amin.

TGB juga sempat menjadi Wakil Komisaris Utama dengan merangkap sebagai Komisaris Independen di PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) pada 2021.

Melansir dari nwdi.or.id pada Sabtu (6/8/2022), menjelaskan bagaimana Zainul Majdi mendapat gelar TGB, gelar ini ternyata merupakan sebuah tradisi masyarakat Lombok yang mengakui seseorang telah memiliki ilmu agama pada usia muda 25-30 tahun dan sudah menunaikan haji.

Arti dari TGB sendiri adalah, 'Tuan' berasal dari sebutan seseorang yang sudah menunaikan haji, 'Guru' yang berasal dari profesinya yang sering mendidik atau ustadz dan 'Bajang' artinya muda.

Selain itu, dia juga sempat menjadi anggota DPR RI, TBG membidangi Komisi X tentang masalah pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, dan kebudayaan.

Pada 1 Desember 2010, TGB mendapatkan penghargaan The Best Province Tourism Development dengan dikukuhnya NTB sebagai Provinsi Pengembang Pariwisata Terbaik versi ITA di Metro TV. 

Penghargaan berikutnya diterima pada 3 Desember 2010 berupa penghargaan di Bidang Pangan dari Presiden RI atas Prestasi meningkatkan produksi Padi (P2BN) lebih dari 5 persen, pada 2012 TGB mendapatkan penghargaan sebagai pembina Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-Mpd) Terbaik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dari Wakil Presiden RI Boediono didampingi Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Terakhir, mengutip laman resmi Bank Syariah Indonesia, TGB juga menjabat sebagai rektor di Institut Agama Islam Hamzawandi (IAIH) Pancor dari 2010 sampai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tuan Guru Bajang TGB perindo ntb Bank Syariah Indonesia
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top