Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Empat Target Besar Partai Buruh di Pemilu 2024

Partai Buruh, menetapkan empat target yang ingin dicapai pada Pemilu 2024 di antaranya lolos ambang parlemen hingga punya kepala daerah.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 13 Juli 2022  |  11:27 WIB
Ini Empat Target Besar Partai Buruh di Pemilu 2024
Partai Buruh, menetapkan empat target yang ingin dicapai pada Pemilu 2024 di antaranya lolos ambang parlemen hingga punya kepala daerah. Presiden Partai Buruh Said Iqbal (tengah). JIBI - Bisnis/Afiffah Rahmah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Buruh, salah satu partai politik anyar yang akan terjun ke Pemilu 2024, menetapkan empat target yang ingin dicapai pada pesta demokrasi mendatang.

Pertama, lolos ambang parlemen atau parlementary threshold. Sesuai UU No. 7/2017 (UU Pemilu), ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Artinya, partai politik yang ingin menempatkan wakilnya di DPR atau DPRD harus memperoleh setidaknya 4 persen suara dalam Pemilu legislatif.

“[Targetnya] sebesar 4-5,2 persen atau sekitar 5,6 juta-7 juta orang memilih Partai Buruh [pada Pemilu 2024],” tulis Partai Buruh dalam rilis pers, pada Rabu (13/7/2022).

Kedua, memperoleh 15 sampai 20 kursi di DPR. Ketiga, memenangkan 5 sampai 10 orang buruh jadi bupati/wali kota atau wakilnya. Keempat, memperoleh 5 sampai 10 persen dari total jumlah kursi di masing-masing DPRD provinsi dan kabupaten/kota Indonesia.

Adapun, Partai Buruh sebenarnya sudah tiga kali mengikuti Pemilu, tetapi perolehan suaranya tak pernah mencapai 1 persen. Partai Buruh, yang sebelumnya menggunakan nama Partai Buruh Nasional, pertama kali terjun ke politik elektoral pada Pemilu 1999, namun mereka hanya memperoleh 140.980 suara atau 0,13 persen dari total suara nasional.

Lalu Pemilu 2004, dengan nama Partai Buruh Sosial Demokrat, mereka memperoleh 636.397 suara atau 0,56 persen. Terakhir, pada Pemilu 2009 memperoleh 265.203 suara atau 0,25 persen.

Setelah absen di dua Pemilu terakhir, kini Partai Buruh mendeklarasikan diri untuk ikut serta kembali di Pemilu 2024.

Saat ini, Partai Buruh diketuai oleh Said Iqbal, yang juga presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Partai Buruh mengklaim punya lima juta anggota yang tergabung dalam berbagai serikat buruh di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai buruh Pemilu 2024 kepala daerah buruh
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top