Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-138: Zelensky Kutuk Serangan Rusia yang Incar Warga Sipil

Ukraina telah memperingatkan penduduk Kherson selatan dan Zaporizhzhia untuk mengungsi karena Ukraina bersiap untuk melakukan serangan balasan.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 11 Juli 2022  |  12:11 WIB
Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-138: Zelensky Kutuk Serangan Rusia yang Incar Warga Sipil
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-138 sejak awal invasi. Pada hari ini, serangan dari rudal milik Rusia telah menghantam gedung apartemen lima lantai dan menghancurkan tiga bangunan yang berada di sekitarnya di kota Chasiv Yar, Ukraina timur.

Serangan tersebut menghasilkan 15 orang tewas dan puluhan lainnya terluka, lalu atas terjadinya serangan tersebut, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengutuk keras serangan tersebut karena menurutnya, Rusia dengan sengaja menargetkan warga sipil dalam serangan di Chasiv Yar.

Di sisi lain, Ukraina telah memperingatkan penduduk Kherson selatan dan Zaporizhzhia untuk mengungsi karena Ukraina bersiap untuk melakukan serangan balasan dan kembali merebut wilayah tersebut.

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, mengatakan akan ada pertempuran, penembakan artileri dan mendesak penduduk untuk segera mengungsi.

Update rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-138 yang dirangkum The Guardian pada Senin (11/7/2022):

Kondisi Terbaru di Wilayah Siverskyi Donets

Dua warga sipil tewas dan dua lainnya cedera dalam serangan rudal Rusia di kota Siversk. Selanjutnya, Gubernur Donetsk, Pavlo Kyrylenko mengatakan tiga orang terluka oleh penembakan di Soledar dan tujuh rumah serta properti lainnya terbakar di Bakhmut.

Rute E40 Menjadi Target Penting Pasukan Rusia

Intelijen Inggris melaporkan pasukan Rusia kemungkinan telah membuat beberapa kemajuan teritorial kecil di sekitar Popasna. Di sisi lain, Militer Rusia terus menyerang daerah Slovyansk di Donbas dari sekitar Izium di utara dan dekat Lysychansk di timur. Laporan itu menjelaskan bahwa rute E40 di Ukraina  yang menghubungkan Donetsk dan Kharkiv berkemungkinan akan menjadi tujuan penting bagi pasukan Rusia.

Keputusan Kanada Dikritik Ukraina

Keputusan Kanada tentang pengembalian turbin Rusia yang telah diperbaiki ke Jerman untuk pipa gas Nord Stream 1 dikritik Ukraina dengan tanggapan “Sangat kecewa”. Menteri sumber daya alam Kanada, Jonathan Wilkinson mengatakan pemerintah mengeluarkan izin terbatas  dan dapat dibatalkan kapan saja untuk membebaskan kembalinya turbin dari sanksi Rusia,

Keputusan ini dikeluarkan Kanada untuk mendukung kemampuan Eropa dalam mengakses energi yang andal dan terjangkau saat mereka sedang mengalami masa transisi energi.

400.000 Anak-Anak di Ukraina Telah Mendaftar di Sekolah Polandia

Jumlah anak-anak Ukraina yang terdaftar di sekolah-sekolah Polandia diperkirakan akan mencapai 400.000 untuk tahun ajaran mendatang. Menteri Pendidikan Polandia, Mateusz Morawiecki mengatakan bahwa anak-anak dari Ukraina yang terdaftar akan mengambil bagian dalam pelajaran baik online maupun offline.

Klaim Rusia Atas Atlet Tenis Setelah Juara di Wimbledon 2022 

Federasi Tenis Rusia telah mengklaim Elena Rybakina sebagai "produk kami" atas Raihan gelar juara putri di Wimbledon 2022. Namun, dalam beberapa sumber berita, Elena sempat ditolak oleh Rusia pada 2018 karena terpenuhinya kuota atlet tenis di Rusia dan Elena pun akhirnya diadopsi oleh Kazakhstan dan mewakili negara tersebut dalam kejuaraan.

Rusia Batasi Akses Surat Kabar Jerman

Rusia telah membatasi akses ke situs web surat kabar Die Welt Jerman atas permintaan kejaksaan. Menurut Roskomnadzor yang merupakan regulator komunikasi di Rusia mengatakan bahwa keputusan membatasi akses tersebut tidak diketahui.

Skotlandia Sambut Hangat Pengungsi Ukraina

Dewan Skotlandia telah mengumumkan rencana untuk merenovasi 200 rumah kosong di Coatbrigde dan Wishaw untuk menampung para pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina. Dewan Lanarkshire Utara mengatakan akan menggunakan £5 juta dari dana pemerintah Skotlandia untuk pembangunan kembali rumah-rumah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top