Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Begini Proses Memilih Pengganti PM Inggris Boris Johnson

Boris Johnson mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif dan mundur sebagai PM Inggris setelah ada penggantinya.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  07:11 WIB
Begini Proses Memilih Pengganti PM Inggris Boris Johnson
Boris Johnson - Reuters/Neil Hall
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Boris Johnson menyatakan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif dan mundur sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris setelah ada penggantinya. Akan tetapi, Bagaimanakah proses suksesi itu dilakukan?

Dalam teori politik Inggris, perdana menteri bisa mengundurkan diri dan seorang tokoh kunci bisa mengambil alih jabatan itu.

Meski ada seruan agar anggota parlemen senior yang juga mantan PM Inggris John Major untuk mengambilalih jabatan itu, indikasi ke arah itu tidak ada hingga kini.

Boris Johnson sebenarnya juga bisa digulingkan dengan mosi tidak percaya di parlemen, tetapi hal itu bergantung pada anggota parlemen Partai Konservatif yang mendukung mosi dari oposisi dan memberikan suara menentang pemerintah mereka sendiri. 

Skenario ini tidak mungkin dilakukan saat ini seperti dikutip BBC.com, Jumat (8/7/2022).

Jadi, jalan yang paling mungkin untuk menemukan PM baru adalah pemilihan kepemimpinan internal menggantikan Johnson sebagai pemimpin partai.

Prosesnya bisa berlangsung hingga Oktober, meski bisa lebih singkat. Ketika pergantian Theresa May sebagai pemimpin hanya memakan waktu dua bulan.

Dua Bagian

Proses penentuan pemimpin Partai konservatif dibagi menjadi dua bagian.

Pada fase pertama, para anggota parlemen memangkas daftar rekan-rekan yang mengajukan nama untuk menjadi kandidat dalam serangkaian pemungutan suara hingga tersisa dua kandidat terakhir.

Kemudian, kedua kandidat utama akan dipilih di dalam partai untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin berikutnya.

Menteri Pertahanan Ben Wallace, Menteri Perdagangan, Penny Mordaunt, dan mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak termasuk di antara calon yang disebut-sebut sebagai pengganti Johnson.

Akan tetapi, anggota parlemen Partai Konservatif, Tom Tugendhat telah menyatakan maju sebagai kandidat pertama pengganti PM Inggris Boris Johnson yang telah mengumumkan pengunduran dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Boris Johnson inggris
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top