Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deretan Prestasi Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Jokowi

Selama menjabat Menpan RB di pemerintahan Presiden Jokowi, Tjahjo Kumolo tercatat mengukir banyak prestasi termasuk mereformasi birokasi guna mengoptimalkan kinerja para ASN.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  14:46 WIB
Deretan Prestasi Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Jokowi
Selama menjabat Menpan RB di pemerintahan Presiden Jokowi, Tjahjo Kumolo tercatat mengukir banyak prestasi termasuk mereformasi birokasi guna mengoptimalkan kinerja para ASN. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022). 

Sosok Tjahjo Kumolo dikenal sebagai politikus di Indonesia dan sempat berkiprah sebagai anggota partai Golongan Karya (Golkar) pada 1987–1998. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Tjahjo Kumolo kemudian melanjutkan karier politiknya di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada 1998 sampai sekarang.

Tjahjo Kumolo pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I. Dia juga menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi.

Prestasi Tjahjo Kumolo di Pemerintahan

Pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Tjahjo Kumolo dipercaya untuk mengemban tugas sebagai pembantunya. Tjahjo pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia (Mendagri) pada 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Kemudian, pada era kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf, Tjahjo kembali dipercaya menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju dengan jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Menpan RB) sejak 23 Oktober 2019.

Melansir laman Kemenpan RB, Tjahjo Kumolo pernah menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo pada 11 November 2022 di Istana Negara. Penghargaan tersebut diberikan atas jasanya sebagai Menteri Dalam Negeri periode Tahun 2014-2019.

Tidak hanya sampai disitu, di bawah kepemimpinan Tjahjo Kumolo, Kemenpan RB juga kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dari Kementerian Keuangan Tahun 2019.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah melakukan sinergi kuat di dalam mewujudkan pertanggungjawaban keuangan negara secara profesional, akuntabel, dan transparan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani kala itu, dalam acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2019, secara virtual, Selasa (22/9/2022).

Kemudian, Kemenpan RB di bawah kepemimpinan Tjahjo Kumolo juga kembali mendapatkan klasifikasi Badan Publik Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021.

Penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) tersebut diberikan secara virtual oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada 26 Oktober 2021.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik pada badan publik tahun 2021, Kementerian PANRB mendapatkan nilai 95,88. Nilai tersebut menunjukkan peningkatan atas keterbukaan informasi yang dilakukan oleh Kementerian PANRB. Pada tahun 2020, nilai yang diperoleh adalah sebesar 93,59 dan pada tahun 2019 mendapatkan nilai 80,26.

Sejumlah reformasi birokrasi juga telah dilakukan Tjahjo guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja para aparatur sipil negara (ASN), salah satunya perampingan pejabat struktural eselon IV dan III. Hal itu juga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang menginginkan kinerja para abdi negara dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi tjahjo kumolo kemenpan rb
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top