Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Iran dan Argentina Daftarkan Diri Jadi Anggota BRICS

Pemerintah Iran dikabarkan mengajukan diri menjadi anggota negara-negara kelompok ekonomi berkembang atau BRICS yang kini beranggotakan Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  16:57 WIB
Iran dan Argentina Daftarkan Diri Jadi Anggota BRICS
Iran dan Argentina Daftarkan Diri menjadi Anggota BRICS - tangkapan layar infobrics.org

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Iran dikabarkan mengajukan diri menjadi anggota negara-negara kelompok ekonomi berkembang atau BRICS.

Seorang pejabat Iran mengatakan bahwa keanggotaan Iran dalam BRICS, yang meliputi Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, akan menghasilkan nilai tambah bagi kedua belah pihak.

Secara terpisah, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa pemerintah Argentina juga telah mendaftar untuk bergabung ke dalam BRICS. Hal itu diperkuat dengan pernyataan Presiden Argentina Alberto Fernandez, yang dalam beberapa hari terakhir menegaskan kembali keinginannya agar Argentina bergabung ke dalam kelompok itu.

“Sementara Gedung Putih sedang memikirkan tentang apa lagi yang harus 'dimatikan' di dunia, dilarang atau dirusak, sehingga Argentina dan Iran mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS,” tulis Zakharova di aplikasi perpesanan Telegram seperti dikutip Aljazeera.com, Selasa (28/6/2022).

Adapun, Rusia telah lama berupaya meningkatkan hubungan yang lebih erat dengan Asia, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Namun, belakangan ini upaya tersebut tidak lepas untuk mengatasi sanksi yang dijatuhkan oleh Eropa, Amerika Serikat dan negara-negara lain atas invasinya ke Ukraina.

Pada Senin lalu, AS dan negara-negara Barat lainnya menjanjikan dukungan untuk Ukraina setelah 28 warga sipil tewas dalam beberapa serangan Rusia, termasuk serangan rudal di pusat perbelanjaan yang sarat penduduk. Namun, Rusia membantah telah menargetkan warga sipil dalam operasi militer khusus untuk melucuti senjata Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

argentina iran Rusia Perang Rusia Ukraina
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top