Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polda Papua Bawa Korban Pesawat Susi Air ke Solo

Polda Papua membawa korban pesawat Susi Air yang jatuh di Paniai Papua dibawa ke Solo Jawa Tengah.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 25 Juni 2022  |  14:54 WIB
Polda Papua Bawa Korban Pesawat Susi Air ke Solo
Pesawat Susi Air terparkir di Bandara Andi Jemma, Masamba Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (11/1/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Papua membawa korban pesawat Susi Air yang jatuh di Paniai Papua dibawa ke Solo Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Mustafa Kamal mengemukakan Pilot Capt. Dayne Peter Houzet yang menjadi korban kecelakaan Pesawat Susi Air berjenis Pilatus Porter PC-6 PK BVM milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation sudah diterbangkan pada hari ini, Sabtu (25/6/2022), ke wilayah Surakarta, Solo, Jawa Tengah.

Menurut Kamal, Pilot Capt. Dayne Peter Houzet dirujuk ke Solo, Jawa Tengah untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut di RS Ortopedi dr. Soeharso.

"Keberangkatan korban menggunakan pesawat jet pribadi PK- BVV P.180, milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation, dengan Pilot Blair Jhon Cliffe dan Co. Pilot Keyle Stemmet pada pukul 07.31 WIT pagi tadi," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Kamal menjelaskan bahwa sebelumnya Capt. Dayne Peter Houzet telah menjalani operasi pada tulang kaki sebelah kiri di Rumah Sakit Mimika usai kecelakaan tersebut.

“Capt. Dayne Peter Houzet  akan mendapatkan penanganan dokter khusus tulang di Rumah Sakit Ortopedi dr. Soeharso. Korban didampingi 2 tenaga medis dari Rumah Sakit Mimika yang terdiri dari 1 dokter dan 1 perawat," katanya.

Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter (PC-6) nomor penerbangan PK-BVM rute Timika-Dama mengalami kecelakaan hari ini, Kamis (23/6/2022), waktu setempat.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyampaikan evakuasi pesawat dan tujuh orang penumpang (1 pilot dan 6 penumpang) di dalamnya sudah langsung dikirimkan.

Tidak hanya itu, pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVZ juga disebut ikut melakukan pencarian di sekitar lokasi hilang kontak (lost contact).

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Basarnas telah mengirimkan pertolongan bersama dengan petugas gabungan seperti TNI dan Kantor SAR (Kansar) Timika.

Kasubbas Humas Basarnas Yusuf Latif mengonfirmasi terkait dengan pengiriman pertolongan tersebut.

"Iya [Basarnas mengirimkan pertolongan]. Sementara masih menunggu info dari Kansar Timika," ujar Yusuf kepada Bisnis, Kamis (23/6/2022).

Terkait dengan kondisi penumpang dan pilot pesawat berdasarkan manifest, Basarnas menyampaikan seluruh korban dinyatakan selamat dan sudah dievakuasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah kecelakaan pesawat susi air polda papua
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top