Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengumuman Hasil SBMPTN 2022: 1.716 Peserta Lolos Diterima di ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.716 orang calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN tahun 2022.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  15:51 WIB
Pengumuman Hasil SBMPTN 2022: 1.716 Peserta Lolos Diterima di ITB
Institut Teknologi Bandung (ITB). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.716 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022.

Dikutip melalui laman resmi ITB, peserta UTBK-SBMPTN tahun 2022 yang dinyatakan lulus ke ITB diharuskan untuk melaksanakan kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB pada 27 Juni–2 Juli 2022 secara daring.

Informasi mengenai pelaksanaan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi/pmb2022-sbmptn.

Calon mahasiswa diharapkan untuk memperhatikan secara teliti seluruh informasi terkait persyaratan dan tata cara Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB yang tertera di laman tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan selamat kepada para peserta yang telah diterima.

“Saya ucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk melanjutkan studi di ITB. Bagi yang belum diterima jangan berkecil hati, ITB masih membuka program seleksi lainnya,” katanya.

Selain itu, Jaka menyampaikan bahwa pada tahun 2022, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di ITB melalui jalur SBMPTN telah mewakili peserta SBMPTN yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia, termasuk dari Provinsi Papua.

“Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di ITB melalui jalur SBMPTN tersebar di seluruh Indonesia. Namun demikian, distribusi sebaran asal daerah dari peserta yang diterima di ITB tersebut masih belum merata. Sebagian besar calon mahasiswa yang dinyatakan lulus masih berasal dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Jawa Timur, serta DKI Jakarta,” katanya.

Menurutnya, Keketatan penerimaan mahasiswa baru ITB melalui jalur SBMPTN tahun 2022 cukup tinggi. Perbandingan antara jumlah calon mahasiswa yang diterima di fakultas/sekolah di ITB dengan kapasitas yang tersedia berkisar antara 3 persen hingga 19 persen.

“Di antara 1.716 orang calon mahasiswa baru program sarjana yang diterima ITB melalui SBMPTN pada tahun 2022, terdapat 3 orang calon mahasiswa yang merupakan lulusan Paket C. Selain itu, terdapat 1 orang calon mahasiswa penyandang disabilitas yang dinyatakan diterima di ITB,” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dia melanjutkan ITB menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2022/2023 melalui tiga jalur penerimaan mahasiswa, yaitu Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB.

“Saat ini, pelaksanaan pendaftaran peserta untuk jalur Seleksi Mandiri (SM) - ITB masih berlangsung hingga 26 Juni 2022. Informasi mengenai ketiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/,” tutur Jaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

itb sbmptn UTBK
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top