Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uni Eropa: Blokade Gandum oleh Rusia Adalah Kejahatan Perang Sesungguhnya

Uni Eropa menyebut blokade Rusia terhadap ekspor gandum Ukraina sebagai kejahatan perang yang sesungguhnya karena memperparah krisis pangan global.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  22:06 WIB
Uni Eropa: Blokade Gandum oleh Rusia Adalah Kejahatan Perang Sesungguhnya
Warga melintasi jalan yang kosong saat asap dari pengeboman terlihat di latar belakang, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di kota Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, 10 Juni 2022. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell menyebut blokade Rusia terhadap ekspor gandum Ukraina sebagai kejahatan perang yang sesungguhnya.

Menurutnya, sejumlah sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa terhadap Rusia belum menunjukkan dampak positif terhadap perbaikan krisis pangan global.

Pernyataan Borrell muncul setelah Putin mengatakan bahwa tindakan Rusia di Ukraina tidak ada hubungannya dengan krisis pangan global. Bahkan, dia menuduh Amerika Serikat sengaja menaikan harga pangan dalam pidatonya di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg pada Jumat lalu.

“Kelaparan di negara-negara termiskin akan menjadi urusan pemerintah AS dan Uni Eropa,” kata Putin seperti dikutip CNN.com, Senin (20/6).

Borrell menambahkan, keputusan Putin memblokir jutaan ton gandum di Ukraina akan semakin memperparah kondisi kelaparan di beberapa negara dunia.

"Ini adalah kejahatan perang yang nyata," kata Borrell.

Borrel berharap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera mencapai kesepakatan dengan Rusia agar blokade ekspor biji-bijian dari Ukraina kembali dibuka.

PBB mengklaim, perang Rusia dan Ukraina diperkirakan mengakibatkan 49 juta orang terancam kelaparan karena pasokan terhambat dan mengakibatkan kenaikan harga pangan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa gandum Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top