Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibuka! Ini Kuota Penerima Beasiswa LPDP Pada 2022

Pada tahun ini, LPDP kembali menargetkan untuk memberikan beasiswa kepada sekitar 4.000 penerima.
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mencatat telah memberikan beasiswa kepada sebanyak 29.872 penerima hingga akhir 2021.

Sejalan dengan itu, dana abadi yang dikelola oleh LPDP tercatat telah mencapai Rp99,11 triliun pada 2021.

"Kita sudah memberikan beasiswa kepada sekitar 29.872 orang akumulasi dari tahun 2013, dengan penerima pada 2021 yang mencapai 4.266 orang," kata Direktur Keuangan LPDP Agus Hartono dalam acara Bincang Bareng DJKN, Jumat (10/6/2022).

Agus mengatakan, pada tahun ini, LPDP kembali menargetkan untuk memberikan beasiswa kepada sekitar 4.000 penerima.

Dia memaparkan, sebanyak 15.631 alumni penerima beasiswa LPDP telah bekerja di berbagai sektor, di mana 62,8 persen di antaranya bekerja di sektor publik seperti akademisi, peneliti, ASN, pegawai profesional, hingga TNI/Polri.

Sementara itu, sisanya 35 persen bekerja di sektor privat, dan 2,2 persen di sektor sosial.

Agus juga menyampaikan, LPDP hingga akhir 2021 telah membiayai 1.668 proyek riset dengan total nilai Rp1,4 triliun dalam empat skema.

Empat skema tersebut di antaranya skema kompetisi dengan proporsi 11,9 persen, skema invitasi 5,8 persen, skema kolaborasi internasional 1,4 persen, dan proporsi terbesar pada skema mandatori sebesar 80,9 persen.

Pada tahun ini, pemerintah mengalokasikan dana abadi pendidikan sebesar Rp20 triliun dalam APBN 2022. Dengan demikian, dana abadi yang akan dikelola LPDP diproyeksikan mencapai Rp120 triliun.

“Jadi dijumlahkan dengan posisi per 31 Desember 2021, ditambah semua alokasi 2022 cair, maka jumlah dana abadi bidang pendidikan yang dikelola LPDP menjadi sekitar Rp120 triliun,” kata Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Meirijal Nur.

Dia menjelaskan, dana abadi kelolaan LPDP terdiri atas empat peruntukkan, di antaranya dana abadi pendidikan, dana abadi penelitian, dana abadi perguruan tinggi, dan dana abadi kebudayaan.

Lebih lanjut, imbuhnya, dana abadi ini merupakan komitmen pemerintah di bidang pendidikan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya dan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berdaya saing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper