Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Epidemiolog Sebut Indonesia Rawan Penyakit Zoonosis. Kok Bisa?

Epidemiolog menyampaikan penyakit zoonosis lebih besar berpeluang mewabah di Indonesia karena masyarakatnya relatif banyak bersinggungan dengan hewan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 04 Juni 2022  |  15:07 WIB
Epidemiolog Sebut Indonesia Rawan Penyakit Zoonosis. Kok Bisa?
Dokter Hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Indramayu memeriksa sapi yang baru tiba di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Indramayu, Jawa Barat, Rabu (18/5/2022). Pemprov Jawa Barat akan menerapkan Micro Lockdown atau Pembatasan Mikro hewan ternak untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan memperketat pemeriksaan hewan ternak yang masuk ke Jawa Barat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyampaikan penyakit zoonosis berpeluang besar mewabah di Indonesia.

Dia menilai, Indonesia merupakan negara 'hotspot' wabah atau penyakit baru, termasik penyakit zoonosis alias yang penyebaran melalui hewan.

"Indonesia itu hotspot atau lokasi yang memungkinkan terjadinya wabah atau penyakit baru, termasuk zoonosis atau penyakit hewan yang menular ke manusia," katanya kepada Bisnis, Sabtu (4/6/2022).

Dicky menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia relatif sering berkontak erat dengan hewan misalnya dengan hewan peliharaan atau ternak.

Kemudian, dengan jarak tempat tinggal yang juga berdekatan dengan kandang, memperbesar potensi penularan penyakit zoonosis atau perpindahan virus hewan ke manusia.

"Dengan adanya masalah ini, menurut hemat saya, kita semua harus menata ulang kesehatan lingkungan, kesehatan manusia, dan kesehatan hewan," ujar Dicky.

Dia melanjutkan, berbagai kasus zoonosis seperti penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak, kasus flu burung, demam berdarah hingga penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh tikus besar sekali potensinya di Indonesia.

"Jika masalah ini dikelola dengan baik, potensi zoonosis bisa ditekan," pungkasnya.

Sekadar informasi, Zoonosis atau penyakit zoonotik adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

Zoonosis disebabkan oleh mikroorganisme parasit yang dapat berupa bakteri, virus, jamur, serta parasit seperti protozoa dan cacing. Penularan dapat melalui tiga cara yaitu langsung, tidak langsung, dan melalui konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus wabah Zoonosis Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top