Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Foto-foto Penumpang Membeludak di Stasiun Manggarai, Gara-gara Rute Baru KRL

Berikut foto-foto penumpang yang membeludak di stasiun Manggarai gara-gara PT KAI menerapkan rute baru kereta rel listrik (KRL).
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 29 Mei 2022  |  17:12 WIB
Penumpang berdesakan menuju peron 6 dan 7 yang digunakan untuk transit dari stasiun Manggarai ke stasiun Tanah Abangpada Minggu (29/5/2022) - Bisnis/Lukman Nur Hakim
Penumpang berdesakan menuju peron 6 dan 7 yang digunakan untuk transit dari stasiun Manggarai ke stasiun Tanah Abangpada Minggu (29/5/2022) - Bisnis/Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan jalur perjalanan kereta rel listrik (KRL) atau Commuter Line yang terjadi pada lintas Bogor, Bekasi, dan Cikarang membuat jumlah penumpang membeludak di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan Bisnis di Stasiun Manggarai pada Minggu sore (29/5/22), terdapat ratusan penumpang dari arah Bogor atau Depok yang ingin melanjutkan perjalannya ke Tanah Abang. Banyaknya penumpang yang ingin transit membuat penumpukan di tangga serta lorong menuju peron yang mengarah ke Tanah Abang.

Secara normal, penumpang KAI sebenarnya hanya membutuhkan waktu tempuh 5 menit jika ingin transit dari peron utama ke menuju peron 6 dan 7 ke arah stasiun Tanah Abang.

Namun, penumpang yang ingin transit dari stasiun Manggarai ke Tanah Abang harus berdesak-desakan selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai peron 6 dan 7 akibat banyaknya penumpang yang ingin transit. Waktu tempuh semakin lama lantaran mereka harus menunggu KRL yang menuju stasiun Tanah Abang tiba di peron.

Sama seperti penumpang arah Tanah Abang, penumpang yang dari Bekasi dan mengarah ke Bogor atau Depok harus rela berdesak-desakan dengan penumpang dari Tanah Abang yang ingin melakukan perjalanan ke Depok atau Bogor di Stasiun Manggarai.

Seperti diketahui, rute KRL Bogor Line dan Bekasi atau Cikarang Line mengalami perubahan mulai Sabtu (28/5/22). Rute baru tersebut diberlakukan sehubungan dengan switch over atau SO 5 di Stasiun Manggarai, Jakarta.

Sesuai dengan perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) per 28 Mei, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo–Jakarta Kota pp via Stasiun Manggarai.

Sementara itu, pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan dua skema yakni full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen, dan Half Racket Cikarang/Bekasi–Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai.

Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13, lintas loop line Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7, dan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.

Berikut foto-foto situasi kepadatan penumpang di stasiun Manggarai yang ingin transit untuk menuju ke stasiun Tanah Abang yang dipantau Bisnis pada Minggu (29/6/2022). 

1. Situasi padatnya penumpang yang antre menuju peron di stasiun Manggarai 

Bisnis.com/Lukman Nur Hakim 

2. Petugas menjaga penumpang yang ingin transit di stasiun Manggarai 

Bisnis.com/Lukman Nur Hakim 

3. Penumpang berdesakan menuju peron 6 dan 7 yang digunakan untuk transit dari stasiun Manggarai ke stasiun Tanah Abang 

Bisnis.com/Lukman Nur Hakim

4. Penumpang berdesakan menaiki eskalator di stasiun Tanah Abang 

Bisnis.com/Lukman Nur Hakim 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

commuter line manggarai krl
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top