Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Perang Rusia vs Ukraina: Pelabuhan Mariupol Bebas Ranjau, 6 Kargo Masih Tertahan

Rusia mulai melakukan normalisasi lalu lintas laut di Pelabuhan Mariupol. Wilayah ini telah dbebaskan dari kepungan ranjau.
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Pasukan Rusia mulai melakukan demiliterisasi wilayah Pelabuhan Mariupol untuk kembali menggerakkan jalur pelayaran di antara Laut Hitam dan Azov.

Kepala Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Federasi Rusia, Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev memaparkan bahwa sebagai hasil dari serangkaian tindakan yang diambil oleh Angkatan Laut Rusia, bahaya ranjau di wilayah perairan pelabuhan Mariupol telah hilang.

“Kapal-kapal sipil dapat menggunakan pelabuhan dengan aman,” kara Mizintsev dalam keterangan resmi, Jumat (27/5/2022).

Mizintsev menambahkan bahwa mulai pukul 08:00 (waktu Moskow) pada 25 Mei 2022, Angkatan Bersenjata Rusia membuka koridor kemanusiaan maritim di Laut Azov sepanjang waktu (panjang 115 mil, lebar 2 mil, koordinat: titik pengumpulan - 46 ° 55' LU, 37 ° 29' B; titik putus - 45°08'LU, 36°31'BT).

Namun demikian, terlepas dari kondisi yang diciptakan oleh pihak Rusia untuk proses evakuasi yang aman enam kapal kargo asing yang sebelumnya diblokir Ukraina belum ditarik oleh para pemilik kapal.

Keenam kapal kargo yang dimaksud antara lain, "Tsarevna" (Bulgaria), "Azburg" (Republik Dominika), "Smarta" (Liberia), "Bintang Biru" (Panama), "Azov Concorde" ( Turki), "Lady Augusta" (Jamaika). Semua berada dari wilayah perairan Mariupol.

“Kami menyerukan misi diplomatik Bulgaria, Republik Dominika, Liberia, Panama, Turki, Jamaika dan Organisasi Maritim Internasional untuk secara efektif meminta pemilik kapal di pelabuhan Mariupol untuk membawa mereka ke tempat pendaftaran permanen,” tukasnya.

Penguasaan Penuh Mariupol

Sebelumnya pemerintah Rusia secara resmi menguasai pabrik baja Azovstal setelah kelompok terakhir tentara Ukraina yang bersembunyi di kawasaan itu menyerah sekaligus menandai berakhirnya pengepungan tiga bulan terhadap benteng terakhir para pejuang di Mariupol.

“Bangunan bawah tanah Azovstal tempat gerilyawan bersembunyi sekarang berada di bawah kendali penuh angkatan bersenjata Rusia,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip TheGuardian.com, Minggu (22/5/2022). Disebutlan bahwa total 2.439 pejuang Ukraina telah menyerah.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan kepada Presiden Vladimir Putin bahwa Mariupol dan pabrik baja telah "dibebaskan sepenuhnya".

Saluran telegram pro-Kremlin juga merilis video bersama Sergei Volynsky, komandan unit Brigade Marinir ke-36. Dia mengatakan bahwa unitnya telah menyerah. Unit itu adalah salah satu kekuatan utama yang mempertahankan pabrik baja.

Beberapa jam sebelum pengumuman Rusia, Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa para pejuang telah diberitahu oleh militer Ukraina bahwa mereka dapat keluar dan menyelamatkan hidup mereka dan kemungkinan besar semuanya akan bebas dalam beberapa hari mendatang.

Dalam video langsung yang diposting di Telegram, Denys Prokopenko, komandan resimen Azov yang memimpin pertahanan pabrik, mengatakan hanya pejuang yang tewas yang tersisa.

“Komando militer yang lebih tinggi telah memberikan perintah untuk menyelamatkan nyawa para prajurit garnisun kami dan untuk berhenti mempertahankan kota,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper