Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syahdu! Ini Foto dan Suasana Pernikahan Ketua MK dan Adik Jokowi

Berikut foto dan suasana syahdu saat pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan Idayati, adik Presiden Jokowi.
Suasana akad nikah Ketua MK Anwar Usman dengan Idayati, adik Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah pada Kamis (26/5/2022)/Solopos
Suasana akad nikah Ketua MK Anwar Usman dengan Idayati, adik Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah pada Kamis (26/5/2022)/Solopos

Bisnis.com, JAKARTA - Pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Idayati, adik kandung Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlangsung pada Kamis (26/5/2022) dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. 

Dikutip dari Solopos, alunan gamelan mengiringi rangkaian prosesi akad nikah adik Jokowi dengan Ketua MK Anwar Usman di gedung yang didekorasi dengan nuansa Jawa. Sekitar pukul 09.10 WIB, rombongan mempelai laki-laki tiba di Graha Saba Buana (GSB) Jl. Letjend Sutoyo Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. 

Prosesi pernikahan dilakukan sesuai adat tradisi Jawa. Tahap pertama dilakukan prosesi pasrah tampi atau menyerahkan mempelai laki-laki kepada keluarga mempelai perempuan. Setelah diterima oleh keluarga mempelai perempuan, mempelai laki-laki langsung menuju ke meja akad nikah.

Anwar Usman yang berasal dadi Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) tampak gagah mengenakan busana Jawa, beskap warna champagne. Ketua MK yang berjambang itu tampak tenang menjalani rangkaian tradisi Jawa hingga duduk di kursi akad nikah yang disediakan.

Setelah itu, para saksi nikah satu per satu duduk di kursi yang disediakan. Mulai dari Jendral TNI Andhika Perkasa dan Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin. Andhika sebagai saksi dari mempelai laki-laki dan Ma’ruf Amin selaku saksi dari mempelai perempuan. Keduanya mengenakan setelan jas.

Setelah itu, Presiden Jokowi duduk di kursi yang telah disediakan. Dia menjadi wali nikah sang adik, Idayati. Jokowi mengenakan beskap terbuka dengan kemeja daleman warna putih. Baik Jokowi, kedua mempelai, sanksi nikah, maupun tamu undangan tetap memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan. 

Tak lama kemudian mempelai perempuan, Idayati duduk di kursi akad nikah. Dia tampak cantik mengenakan kebaya champagne, warna senada dengan beskap yang dikenakan mempelai laki-laki Anwar Usman.

Sebelum dilakukan prosesi akad nikah, dibacakan ayat suci Alquran oleh Pimpinan salah satu pondok pesantren di Boyolali, Jawa Tengah, Agus Maarif.

Sementara itu, 200-an tamu undangan khusus akad nikah Ketua MK dan adik Jokowi duduk di kursi masing-masing. Tamu undangan ditata berkelompok. Setiap kelompok dilengkapi dengan meja. Mereka berkelompok lima hingga enam orang per meja. 

Beberapa pejabat negara yang menghadiri akad nikah di antaranya Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca berita selengkapnya: https://www.solopos.com/begini-suasana-akad-nikah-adik-jokowi-idayati-dan-ketua-mk-anwar-usman-1325298?utm_source=terkini_desktop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper