Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fenomena Blood Moon Terjadi 15 Mei - 16 Mei 2022, Ini Link Streamingnya

Gerhana bulan total atau blood moon merupakan fenomena gerhana bulan biasa, tetapi saja warna dan ukurannya yang berbeda.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 14 Mei 2022  |  16:03 WIB
Super Blood Moon atau Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @infobmkg\r\n
Super Blood Moon atau Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @infobmkg\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena Gerhana Bulan Total atau yang dikenal dengan Blood Moon akan terjadi pada tanggal 15 - 16 Mei 2022, berikut link untuk streamingnya.

Gerhana Bulan Total atau Bloodmoon merupakan fenomena Gerhana Bulan biasa tetapi saja warna dan ukurannya yang berbeda. Tak seperti gerhana lain, Bloodmoon ini memiliki warna kemerahan dan ukuran yang lebih besar dari biasanya.

Melansir dari Space, Sabtu (14/5/22) fenomena alam ini terjadi saat bulan sepenuhnya berada dalam bayang-bayang Bumi.

Pada saat yang sama, sedikit cahaya dari matahari terbit dan terbenam Bumi (pada piringan planet) jatuh di permukaan bulan. Karena gelombang cahaya direntangkan, mereka terlihat merah. Ketika cahaya merah ini mengenai permukaan bulan, ia juga tampak berwarna merah.

Seberapa merah bulan muncul dapat bergantung pada seberapa banyak polusi, tutupan awan, atau puing-puing yang ada di atmosfer. Misalnya, jika gerhana terjadi sesaat setelah letusan gunung berapi, partikel di atmosfer akan membuat bulan terlihat lebih gelap dari biasanya.

Diketahui, gerhana bulan total akan terlihat dalam fase total dari bagian Amerika, Antartika, Eropa, Afrika, dan Pasifik timur. Sementara itu, gerhana penumbra, peristiwa yang muncul saat bulan berada dalam bayangan penumbra yang lebih terang dari planet kita, akan terlihat di Selandia Baru, Eropa Timur, dan Timur Tengah.

TimeandDate.com mengatakan gerhana sebagian dimulai 15 Mei pukul 22:28 EDT (0228 GMT pada 16 Mei). Bulan Darah akan mencapai puncaknya 16 Mei pukul 12:11 EDT (0411 GMT). Kemudian acara berakhir pada 01:55 EDT (0555 GMT). Perhatikan fase bulan penumbra gerhana akan dimulai sekitar satu jam lebih awal dan berakhir sekitar satu jam setelah gerhana sebagian.

Berikut link streaming untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan total atau Blood moon pada tanggal 15 - 16 Mei 2022. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bulan Gerhana Bulan Total Link Live Streaming
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top