Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-73: Simak Laporan dari Tentara Ukraina

Pasukan Rusia melakukan pergerakan menuju daerah Avdiivka untuk menambah bala bantuan di daerah Avdiivka.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 07 Mei 2022  |  12:58 WIB
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina - Aljazeera
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina - Aljazeera

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-73 sejak awal invasi. Hari ini Tentara Ukraina melaporkan pembebasan lain telah berhasil dilakukan dari beberapa desa di Kharkiv Oblast dan saat ini pergerakan pasukan Rusia perlahan-lahan mulai maju dari wilayah Oblast Luhansk.

Sementara itu, 2 hari tersisa sampai 9 Mei Parade Kemenangan akan digelar Rusia. Terlihat jelas bahwa dengan tenggat waktu terbatas, pasukan Rusia tidak akan mencapai tujuannya dan merebut seluruh Oblast Luhansk dan Donetsk.

Selain kejadian tersebut, ini update terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina yang dilansir Militaryland pada Jumat (7/5/2022), berikut rinciannya :

Garis Depan Kharkiv

- Daerah Kharkiv

Setelah sebelumnya terjadi pertempuran di wilayah Kharkiv dengan tiga titik lokasi dan saat ini pasukan ukraina berhasil menarik mundur tentara Rusia di Kharkiv hingga wilayah Ruska Zolova.

Disisi lain, wilayah selatan Ukraina telah digempur pasukan Rusia, titik tersebut berada di wilayah Shandryholove, Krymky dan Tykhotske. Pada wilayah Krymky dan Tykhotske pertempuran terjadi cukup sengit karena pasukan Rusia sudah hampir merebut wilayah tersebut

Wilayah Donet Siverskyi

- Daerah Barvinkove

Pada hari ini pergerakan pasukan Rusia terus menerobos untuk mencapai wilayah Barvinkove, sebelum menuju Barvinkobe saat ini pasukan Rusia sedang bertempur di daerah Nova Dmytrivka dan perluasan wilayah Rusia menuju ke arah barat yang saat ini masih berada di wilayah Dubrovnik.

- Daerah Siviero Donetsk

Masih sama dengan hari sebelumnya, wilayah ini masih terjadi pertempuran sengit terjadi pada wilayah Vojevodivka dan Rubizhne, kedua pertempuran itu terjadi di daerah lintasan kereta api.

Garis Depan Pryazovia

- Daerah Donetsk

Pertempuran masih terjadi di wilayah Donetsk, pertempuran itu berlangsung di daerah Avdiivka. Terlihat pasukan Rusia melakukan pergerakan menuju daerah Avdiivka untuk menambah bala bantuan di daerah itu.

Sementara itu, pergerakan rusia lainnya datang dari arah barat menuju daerah Novomykhalivka.

- Daerah Zaporizhzhia

Sama seperti hari sebelumnya, daerah Zaporizhzhia masih aman. Namun, saat ini pertempuran terjadi di Orikhiy yang merupakan jalan utama menuju Zaporizhzhia

Mariupol

Menurut Resimen Azov, sebanyak 50 warga sipil berhasil keluar dari pabrik Azovstal per hari ini. Lalu, dikabarkan pasukan Rusia telah melanggar perjanjian gencatan senjata dan menargetkan sebuah truk evakuasi. Akibatnya, satu tentara Ukraina tewas dan enam lainnya terluka.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia militer Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top