Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Vladimir Putin akan Hadir ke KTT G20 di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 pada November 2022, di Bali.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 29 April 2022  |  16:33 WIB
Jokowi: Vladimir Putin akan Hadir ke KTT G20 di Indonesia
Presiden RI Joko Widodo (kiri) dan (kanan) Presiden Rusia Vladimir Putin - indonesia.mid.ru
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan informasi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 pada November 2022, di Bali.

Jokowi mengatakan konfirmasi itu didapatkan usai melakukan perbincangan melalui sambungan telepon dengan Presiden Putin pada Kamis (28/4) malam WIB.

"Dalam kesempatan tersebut Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, dikutip lewat Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4/2022).

Jokowi juga menekankan agar perang segera diakhiri dan terus menyerukan upaya damai. Dia menyatakan Indonesia siap terlibat dalam proses damai antara Rusia dan Ukraina.

Selain itu, dia mengatakan perbincangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin juga menghasilkan keterbaruan informasi terkait situasi perang dan proses negosiasi antara Rusia dan Ukraina.

“Saya kembali menekankan pentingnya, perang segera diakhiri dan solusi damai saya tekankan dapat terus dikedepankan. Indonesia siap untuk berkontribusi dalam upaya damai itu. Kesempatan tersebut Presiden Putin juga menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau mengatakan akan hadir,” tuturnya.

Jokowi pun menekankan bahwa Indonesia ingin menyatukan seluruh negara melalui agenda KTT G20.

“Jangan sampai ada perpecahan, perdamian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, Indonesia yang memegang Presidensi G20 tengah menjadi sorotan, karena dihadapkan pada tantangan invasi Rusia ke Ukraina. 

Pemerintah RI sebelumnya menyatakan akan tetap mengundang Rusia sebagai salah kepala negara G20 ke forum yang akan digelar November mendatang di Bali.

Sikap tersebut pada akhirnya menuai kritik dari sejumlah pihak, terutama negara Barat. Amerika Serikat misalnya yang mengancam akan memboikot forum tersebut. Selain itu, Kanada dan Australia juga mengancam akan melakukan aksi serupa.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison pun disebut tidak mau semeja dengan Presiden Vladimir Putin, apabila Rusia hadir dalam pertemuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi vladimir putin g20 G20 Indonesia Perang Rusia Ukraina
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top