Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-56: Rusia Rebut Kreminna, Penembakan Masih Terjadi di Kharkiv dan Donbas

Tentara Rusia melancarkan serangan di selatan Izium menuju Slovyansk. Pasukan Ukraina menangkis serangan itu dan penembakan di daerah Kharkiv.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 20 April 2022  |  14:33 WIB
Mural Gerakan Nasional Kadet Angkatan Darat Muda di Moskwa, Rusia, Kamis (24/2/2022). Pasukan Rusia menyerang Ukraina setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi untuk
Mural Gerakan Nasional Kadet Angkatan Darat Muda di Moskwa, Rusia, Kamis (24/2/2022). Pasukan Rusia menyerang Ukraina setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi untuk "demiliterisasi" Ukraina, yang memicu kecaman internasional dan ancaman AS akan "sanksi berat" lebih lanjut terhadap Moskwa. - Bloomberg/Andrey Rudakov

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-56. Pada hari ini, pasukan Rusia telah merebut Kreminna di wilayah Donbas Ukraina timur, Kreminna merupakan kota pertama yang direbut oleh Rusia dalam serangan mereka di Ukraina timur.

Akan tetapi, saat ini hanya Kreminna saja yang berhasil diambil alih oleh tentara Rusia, dan daerah seperti Kharkiv, Donbas, dan Dnipro serangan masih terjadi dan bahkan dengan intensitas yang tinggi.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Rabu (20/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

  • Daerah Kharkiv

Setelah pada hari kemarin pasukan Rusia mundur dan kembali ke Izium. Pada hari ini, tentara Rusia melancarkan serangan di selatan Izium menuju Slovyansk. Pasukan Ukraina menangkis serangan itu dan penembakan di daerah Kharkiv berlanjut hingga hari ini.

  • Daerah Luhansk

Di Luhansk, Kepala administrasi militer Ukraina mengkonfirmasi bahwa mayoritas pasukan Ukraina telah ditarik dari Kreminna. Pertempuran dilaporkan berlanjut di pinggiran sampai siang ini.

Diketahui, saat ini Rusia sedang menuju ke Zarichne, namun info ini masih tahap menunggu konfirmasi. Di sisi lain, pasukan Ukraina berhasil menangkis serangan di Rubizhne dan Popasna, tetapi pasukan Rusia terus mempertahankan sebagian kendali atas kota-kota ini.

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Setelah pada hari lalu penembakan terjadi di daerah Avdiivka. Lalu, pada hari ini pasukan Rusia maju lebih dalam ke Marinka, tetapi tidak dapat mempertahankan posisi yang baru diperoleh. 

Pasukan Ukraina melakukan serangan balik yang sukses dan mendapatkan kembali kendali penuh atas desa pada hari kemarin. Di sisi lain, pembela Ukraina menangkis semua serangan di Avdiivka dekat Donetsk.

  • Daerah Zaporizhzhia

Di Zaporizhzhia, dorongan utama ofensif Rusia adalah di daerah antara Huliaipole dan Velyka Novosilka. Musuh dilaporkan mencapai Malynivka, tetapi tidak ada visual untuk mengkonfirmasinya. Posisi Ukraina di Orikhiv dan Huliaipole berada di bawah tembakan artileri berat semalam.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. Namun, Ibu kota regional Mykolaiv terjadi penembakan besar-besaran dalam semalam. Snihurivka tetap di bawah kendali Rusia.

  • Daerah Kherson

Tidak ada perubahan di kota Kherson, situasi tetap sama dengan hari kemarin. Akan tetapi, artileri Ukraina dilaporkan menargetkan Chornobaivka lagi untuk melawan pasukan Rusia disana.

  • Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, berdasarkan rekaman dan laporan yang tersedia, unit Ukraina yang tersisa telah ditarik ke pabrik Azovstal dan kompleks tambahan di dekatnya. Para pemimpin DNR yang memproklamirkan diri mengumumkan dimulainya operasi untuk menangkap para pejuang yang berada di Azovstal pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perang Rusia militer Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top