Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menuju Indonesia Emas 2045, Wapres Dorong Kewirausahaan Berbasis Teknologi

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia akan menyambut bonus demografi yaitu terbentuknya generasi emas tepat pada 1 abad kemerdekaan pada 2045.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 April 2022  |  19:22 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin /ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra
Wakil Presiden Ma'ruf Amin /ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia akan menyambut bonus demografi yaitu terbentuknya generasi emas tepat pada 1 abad kemerdekaan pada 2045.

Namun, tantangan global dan kompetisi antarindividu maupun kelompok terus menghampiri, khususnya pada bidang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya dorongan pengembangan usaha yang berbasis teknologi dan inovasi sebagai upaya menumbuhkan semangat kewirausahaan di masyarakat.

“Kita ingin mendorong semangat kewirausahaan berbasis teknologi dan inovasi ini agar terus bertumbuh dalam praktik keseharian”, katanya saat Puncak Peringatan Hari Lahir Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) ke-62, Selasa (19/04/2022).

Peningkatan produktivitas usaha, menurutnya, saat ini tidak hanya ditentukan oleh peningkatan jumlah modal dan tenaga kerja, tetapi juga penguasaan pengetahuan dan teknologi.

“Saat ini kita berada pada era dimana nilai tambah ekonomi tidak lagi hanya bergantung pada peningkatan jumlah modal dan tenaga kerja, tetapi justru pada penguasaan pengetahuan dan juga teknologi yang mampu mendongkrak produktivitas secara berlipat ganda”, tuturnya.

Ma’ruf pun menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam menyongsong Indonesia 2045, khususnya aspek intelektual hingga kecerdasan spiritual.

“Sangat penting bagi generasi muda memiliki karakter intelektual yang komprehensif, mulai dari kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, hingga kecerdasan spiritual,” katanya.

Sementara itu, dia juga meminta bahwa terkait dengan upaya peningkatan daya saing global, agar pemuda pergerakan untuk mampu mengombinasikan secara simultan dan seimbang, baik dari sisi tradisi nasional maupun dunia internasional.

“Upaya menyejajarkan diri secara ekonomi, bahkan melampaui negara-negara maju yang lain, tidak boleh mengesampingkan basis tradisi intelektual yang mampu berbaur, berdialog, dan menyatu dalam tradisi nusantara yang beragam”, ujarnya.

Tidak hanya itu, Wapres berharap agar para pemuda dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung pemerintah menuju Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

“Saya menantikan peran strategis dan kontribusi aktif dari para kader pergerakan dalam mendukung pemerintah membangun sumber daya manusia Indonesia sebagai jembatan menuju kemajuan ekonomi bangsa”, pungkas Ma’ruf.

Sebagai informasi, PB PMII merupakan organisasi kepemudaan yang dilahirkan di Surabaya pada 17 April 1960 oleh para kelompok pemuda Nahdlatul Ulama. 

Sebagai organisasi kemahasiswaan yang berasaskan Pancasila, beberapa nilai utama PMII, diantaranya yaitu keislaman, ke-Indonesia-an, kebangsaan, kemasyarakatan, profesionalisme, serta independensi. PMII saat ini memiliki 231 pengurus cabang yang bergerak di tingkat kota/ kabupaten se-Indonesia, serta 25 pengurus koordinator cabang di tingkat wilayah/provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm wapres ma'ruf amin
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top