Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Julukan 6 Presiden RI, Jokowi akan Dapat Julukan Apa Ya?

6 Presiden RI yang sudah selesai masa jabatannya telah mendapatkan julukan, kira-kira Jokowi akan mendapatkan julukan apa nanti setelah tak lagi menjabat Presiden RI?
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 17 April 2022  |  16:28 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato pada World Economic Forum, Kamis (20/01/2022), secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. - Foto: BPMI Setpres - Muchlis Jr.\r\n
Presiden Jokowi saat berpidato pada World Economic Forum, Kamis (20/01/2022), secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. - Foto: BPMI Setpres - Muchlis Jr.\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia telah dipimpin oleh tujuh Presiden sampai dengan saat ini. Dari ketujuh Presiden RI, 6 di antaranya telah memiliki julukannya masing-masing. Julukan tersebut telah diabadikan di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

Melalui unggahan @kemensetneg.ri, Kementerian Sekretariat Negara menyebutkan bahwa presiden yang telah mengakhiri masa jabatannya, memiliki julukan yang berbeda-beda dan merupakan ciri khas dari masing-masing presiden.

Untuk saat ini, Indonesia tengah dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjabat sejak 2014. Sayangnya, Jokowi masih harus bersabar untuk mendapatkan julukannya sendiri, hingga masa jabatannya berakhir pada tahun 2024 nanti.

Penasaran dengan julukan dari masing-masing presiden yang pernah memimpin Indonesia?

Berikut julukan 6 Presiden RI versi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti:

1. Soekarno (Bapak Proklamasi)

Tentunya nama tersebut sangatlah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Ir. Soekarno atau yang sering disapa dengan Bung Karno merupakan presiden pertama Indonesia.

Bung Karno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901. Peran pentingnya dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda dan sosok yang membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, membuat julukan Bapak Proklamator Indonesia disematkan padanya.

2. Soeharto (Bapak Pembangunan)

Soeharto merupakan presiden ke-2 RI yang lahir di Kemusuk, Yogyakarta, 8 Juni 2021. Presiden yang menjabat selama 32 tahun tersebut memiliki julukan sebagai Bapak Pembangunan.

Julukan tersebut diberikan kepada Soeharto karena dinilai telah memfokuskan program kerjanya terhadap pembangunan ekonomi dan menciptakan landasan untuk pembangunan yang disebut sebagai Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita).

3. B.J. Habibie (Bapak Teknologi)

Bacharuddin Jusuf (B.J.) Habibie atau yang akrab disapa Rudy, merupakan Presiden ke-3 RI yang resmi diangkat pada 21 Mei 1998.

Habibie yang lahir di Pare-pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, dikenal memiliki kecerdasan yang luar biasa di bidang teknologi dan industri pesawat terbang. Hal tersebut menjadi alasan mengapa julukan Bapak Teknologi dipilih untuk dirinya.

Semasa hidupnya, Habibie juga berhasil menciptakan pesawat buatan Indonesia pertama yang kemudian dinamakan sebagai Pesawat N250 Gatot Kaca.

4. Abdurrahman Wahid (Bapak Pluralisme)

Abdurrahman Wahid, merupakan tokoh Muslim Indonesia dan pemimpin politik Indonesia yang berhasil menjadi Presiden ke-4 RI. Pria yang akrab disapa Gus Dur ini lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi megawati presiden soekarno soeharto
Editor : Fitri Sartina Dewi

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top